TNI AU Terjunkan Pesawat F 16 dalam Latihan Matra Udara ll Jalak Sakti 2022

Securitynews.co.id, PALEMBANG– Bumi Sriwijaya kedatangan delapan pesawat tempur jenis F16 guna melakukan sesi latihan tempur udara Jalak Sakti 2022 di Pangkalan TNI AU Sri Mulyono Herlambang (Lanud SMH) Palembang dan melibatkan sebanyak 88 personel untuk persiapan latihan Matra Udara II Komando Operasi Udara I (Koopsud 1) Jalak Sakti 2022 yang akan berlangsung pada 28 hingga 30 Agustus 2022, Jumat (26/8/2022).

Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo, M.M.O.A.S., saat diwawancarai para awak media mengatakan, ini adalah suatu kehormatan bagi warga Bumi Sriwijaya karena kedatangan tamu kehormatan baik dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Roesmin Nurjadin yang berada di bawah jajaran Komando Operasi Angkatan Udara I dan dari Jakarta Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas) dalam rangka latihan Matra II Jalak Sakti 2022.

Sigit mengungkapkan, latihan ini guna meningkatkan dan mengukur sejauh mana kesiapan operasional satuan satuan di jajaran koopsud. Hal ini sangat penting dikarenakan tingkat ancaman dan tingkat gangguan yg ada di kawasan 1 ini cukup dinamis dan eskalasinya cukup tinggi sehingga di perlukan adanya satu latihan untuk mengukur bagaimana kesiapan operasional dan itu nantinya akan mempengaruhi kita bekerjasama berkoordinasi dan melaksanakan tugas tugas untuk mendukung program kerja Koopsud I yang dilaksanakan dua tahap dengan gladi posko (22-25 Agustus 2022) dengan diakhiri Tactical Air Manuvering Game (TAMG) di Makoopsud I dan gladi lapangan (28-30 Agustus 2022).

“Pada tanggal 30 merupakan hari pelaksanaan dan harapan kami kepada semua masyarakat bumi Sriwijaya ini untuk mendukung tugas tugas beliau sehingga dapat melaksanakan latihan dengan baik sehingga dalam melaksanakan latihan dapat berjalan dengan aman dan lancar,” imbuhnya.

Saat ditemui di tempat yang sama Kolonel Penerbang Pnb M. Anjar Legowo sebagai pengawas dan pengendali (wasdal) dari koopsudnas menambahkan, dalam latihan matra ll koopsud 1 ini sudah berjalan dari tanggal 25 dan berakhir pada tanggal 30 nanti. ”Yang akan kita saksikan nanti adalah rangkaian operasi udara, kemudian pengajuan target di permukaan nanti akan mengambil daerah wilayah yaitu di Lampung untuk simulasi suatu operasi udara,” bebernya.

“Besok kita akan terbang menuju ke tempat menghancurkan sasaran secara garis besar kegiatannya seperti itu dan mulai besok kita akan melakukan suatu rangkaian dan 30 skuadron 16 ini merupakan pesawat andalan angkatan udara dalam setiap operasi udara,” katanya.

Menurut Mayor Pnb Bambang Aulia Yudhistira, komandan skuadron udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekan Baru, dalam kegiatan Jalak Sakti 2022 skuadron 16 yang mengoperasikan skuadron 16 diberikan beberapa tugas antara lain misi dalam rangka menghalau serangan musuh dari udara dan menghancurkan sasaran-sasaran darat yang sudah dipilih untuk dihancurkan oleh skuadron 16. Beberapa bentuk sasaran dan ukuran memang disediakan untuk mengukur bagaimana tingkat latihan skuadron 16 selama ini untuk dipraktikkan pada saat latihan Jalak Sakti 2022.

“Persiapan relatif cukup intens juga dan latihan- latihan seperti ini adalah latihan yang kami laksanakan sehari-hari, namun dalam kegiatan ini kami memang dinilai bagaimana tingkat kesiapan kami sebagai satuan operasional yang diberikan oleh komando atas. Baik itu penerbang maupun kru yang menyiapkan dimana tim kami saling membahu. Pada intinya penerbang dan kru yang di balik layar menyiapkan pesawat sehingga pesawat ini siap untuk melaksanakan misinya dalam even Jalak Sakti ini,” pungkasnya.

Laporan : Sandy
Editing : Imam Gazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar