oleh

Lokasi Penyulingan Minyak Ilegal di Muba Kembali Terbakar

Securitynews.co.id, SEKAYU- Lokasi penyulingan minyak ilegal kembali terbakar. Kali ini giliran api berkobar di penyulingan milik Irwan warga Km 5 Desa Bangun Sari Kecamatan Babat Toman kejadian nahas itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB hari Sabtu (07/11/2020). Tepatnya di Km 8 Jalan Sungai Angit Kecamatan Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Namun api dapat dipadamkan sekitar pukul 18.30 WIB.

Dari pantauan media ini di lapangan, sebelumnya kebakaran juga terjadi di tempat penyulingan minyak milik RZ warga Kampung 4 Dayung Desa Pangkalan Bulian Kecamatan Batang Hari Leko. Kejadiannya Jumat 19 Juni 2020 sekitar pukul 11.00 siang. Saat kebakarannya sempat melalap rumah warga dan puluhan warga terluka bakar. Bahkan dua di antaranya diduga meninggal dunia sementara yang lainnya dirawat di Rumah Sakit Bayung, Puskesmas dan Rumah Sakit Jambi.

Lalu, kebakaran juga terjadi di sumur bor milik Jahri, Jumat (25/09/2020) sekitar pukul 23.000 Wib di Dusun Lima Pangkalan Bulian, hingga mengorbankan beberapa pekerjanya. Dan, Minggu sore (01/11/2020) sekitar pukul 16.00 Wib terjadi juga kebakaran di salah satu penyulingan minyak yang tidak jauh dari lokasi itu dan melalap tiga rumah warga sekitar lokasi. Ironisnya kejadian yang sampai menimbulkan korban jiwa itu hingga kini terindikasi tak tersentuh hukum. Hal ini dapat dilihat dari para pekerja dan pemiliknya masih beroperasi seperti semula.

Untuk penyebab kebakaran penyulingan minyak milik Irwan sendiri berasal dari sambaran api ke drum berisi minyak hingga membuat sejumlah pegawai panik.

Salah satu warga yang tidak mau namanya ditulis dalam pemberitaan ini dia mengatakan terkejut ada asap hitam pekat melambung tinggi. ”Ternyata tempat masak minyak/penyulingan yang terbakar, kami hanya bisa lihat dari jauh karena kami takut terkena sambaran api,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Kapolsek Babat Toman AKP Ali Rojikin saat dihubungi melalui pesan singkat Washapnya membenarkan adanya kebakaran tempat penyulingan minyak tersebut, dan pihaknya sudah melakukan olah TKP. ”Kita sudah ke TKP sekaligus melakukan pemasangan police line dan untuk saat ini tidak ada korban jiwa. Namun kejadian ini juga sudah kami laporkan ke pihak Polres Musi Banyuasin,” tandasnya.

Sumber : Rilis SMSI Sumsel
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed