Kapolsek Penukal Abab Pastikan Aman dan Kondusif Pembayaran Kompensasi PT Seismik

Securitynews.co.id, PALI- Kamis, 23 November 2023, sejak pukul 09.30 WIB, di Kantor Kepala Desa Purun Timur, telah berlangsung pembayaran kompensasi dan tali asih akibat kerusakan tanam tumbuh dan lubang bor dari survei seismik 3D oleh PT. Seismik di Desa Purun Timur, Kecamatan Penukal, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Giat ini melibatkan Camat Penukal diwakili Sekcam Heriyanto, S.E., Tim PT. Seismik, Kepala Desa Purun Timur Alkat, S.H., perangkat desa, dan masyarakat yang terdampak. Para penerima kompensasi harus membawa undangan, foto copy KTP, dan foto copy Kartu Keluarga (KK).

Besaran kompensasi bervariasi tergantung pada kerusakan tanam tumbuh dan jumlah lubang bor di setiap kebun/lahan. Dengan kehadiran Kapolsek Penukal Abab IPTU ARZUAN, S.H., didampingi BRIPKA SUCIPTO SUYONO, dan BRIGPOL BAYU HARIANSYAH, S.H., memastikan situasi aman dan kondusif.

Meski demikian, potensi keributan tetap ada karena antrean pembayaran. Ada kemungkinan ketidakpuasan masyarakat terhadap besaran kompensasi, yang dapat berujung pada keluhan dan konflik. Polsek Penukal Abab telah mengamankan kegiatan ini, sementara Unit Intelkam terus memantau dan berkoordinasi dengan PT. Seismik.

Babinkamtibmas diminta untuk memberikan imbauan kamtibmas kepada warga agar menjaga situasi yang aman dan kondusif. Unit Intelkam diharapkan melaksanakan deteksi dini dan penggalangan masyarakat pascapembayaran kompensasi, untuk menghindari potensi masalah yang tidak diinginkan.

Laporan : A. Chandra
Posting : Imam Gazali