Desa Muara Gula Baru Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Muara Enim Ikuti Bimtek Program Desa Anti Korupsi KPK RI

Securitynews.co.id, MUARA ENIM- Usai melewati tahapan observasi oleh Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI sebagai perwakilan dari Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel), Desa Muara Gula Baru Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Muara Enim Ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Desa Anti Korupsi (DAK) KPK RI di Kantor Kepala Desa Muara Gula Baru Kecamatan Ujan Mas, Selasa (6/6/2023).

Friestmount Wongso selaku ketua rombongan tim KPK RI yang hadir juga bersama Friendly P.Sihotang perwakilan Direktorat Fasilitasi Pemanfaatan Dana Desa Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), dalam sambutannya mengatakan bahwa DAK ini sendiri merupakan salah satu program unggulan yang ada di KPK RI dalam upaya untuk memberantas korupsi di pemerintahan desa.

“Pemberantasan korupsi ini harus diawali dari akarnya yakni desa, untuk itu melalui program DAK ini kita harapkan untuk mewujudkan Pemerintahan Desa yang bersih dari tindak korupsi,” tutur Wongso.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah yang hadir bersama Inspektur, Kepala OPD, Camat Ujan Mas dan jajaran Pemdes Muara Gula Baru menyambut baik kegiatan Bimtek Desa AntiKorupsi yang diselenggarkan oleh KPK RI pagi itu. “The mother of all crimes is corruption, oleh karena itu melalui kegiatan bimtek ini mari kita wujudkan pemerintahan desa yang bersih, transparan dan akuntable,” ajak Plt Bupati Kaffah.

Untuk itu, dalam kesempatan tersebut Plt Bupati Kaffah mengimbau kepada seluruh peserta yang merupakan perangkat desa, muda-mudi serta tokoh masyarakat setempat untuk mengikuti jalanya bimtek dengan serius guna menyerap ilmu sebanyak-banyaknya untuk kemudian diimplementasikan dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa.

Kemudian, sebagai wujud nyata komitmen bersama selaku Kepala Daerah dalam mendukung program Desa Anti Korupsi, Plt Bupati Kaffah bersama jajaran OPD, perangkat desa serta tokoh masyarakat Desa Muara Gula Baru menandatangani Deklarasi Desa AntiKorupsi 2023.

Laporan : Awang
Editing : Imam Gazali