oleh

Bentuk HR/SDM yang Kompeten, BPP ABUJAPI dan BPD ABUJAPI Sumsel Gelar Certified Professional In Human Resource Management

Securitynews.co.id, PALEMBANG – Bagi seorang pekerja, sertifikasi adalah mutlak sebagai salah satu acuan keprofesionalan dalam melaksanakan tugas dan memimpin sebuah perusahaan. Apalagi untuk 5 tahun ke depan Presiden RI, Joko Widodo sudah merencanakan SDM Unggul Indonesia Maju, demi kemajuan SDM di Indonesia.

Desia Kartika Wardani dan Toes Adi H. Widaningrat.

Untuk mewujudkan hal tersebut, BPP ABUJAPI dan BPD ABUJAPI Sumatera Selatan menggelar Certified Professional In Human Resource Management bertujuan Membentuk Praktisi HR/SDM yang kompeten dalam pengelolaan personalia, rekrutmen, pengupahan dan hubungan industry, dilaksanakan di Hotel Amaris Palembang, Rabu (11/12/2019) selama tiga hari.

Certified Professional In Human Resource Management ini adalah untuk membentuk Praktisi HR/SDM yang kompeten dalam pengelolaan personalia, rekrutmen, pengupahan dan hubungan industrial. Kegiatan tersebut tentang Sertifikasi Managemen SDM, dan banyak sertifikasi SDM di badan usaha jasa pengamanan atau HR (Human Resource) yang perlu memiliki sertifikat ini.

“Apalagi Presiden RI dalam lima tahun ini sudah merencanakan SDM Unggul Indonesai Maju, yakni diutamakan adalah kemajuan SDM di Indonesia,” jelas Ketua 2 BPP ABUJAPI, Toes Adi H. Widaningrat SH MM CCPS CHRM, yang sekaligus sebagai ketua pelaksana di sela-sela acara.

Ketua BPD ABUJAPI Sumsel, Novembriono SE.

Menurutnya, ke depan setelah memiliki sertifikat ini tentunya HR punya daya saing yang lebih tinggi dan lebih hebat dari yang lain. Namun kegiatan ini tidak hanya HR saja yang bisa mengikuti, namun pihak lain juga bisa seperti dosen dan lain-lain. “Kegiatan ini dilangsungkan selama tiga hari dengan materi teori, ujian wawancara, dan ujian tertulis,” jelasnya.

Untuk sertifikat sendiri dalam waktu sebulan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) adalah sebuah lembaga independen yang dibentuk pemerintah untuk melaksanakan ketentuan Pasal 18 ayat Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan akan mengeluarkan secara resmi sertifikat tersebut.

“Saya selaku Ketua II Badan Pengurus Pusat Asosiasi Badan Jasa Pengamanan Indonesia (BPP ABUJAPI), ini baru pertama kali kegiatan nasional di Palembang diikuti 20 orang peserta, jadi nanti bulan depan akan dilaksanakan lagi, selain ini juga akan mengadakan sertifikasi bidang lain,” tambahnya.

Menurutnya, kegiatan ini lebih banyak bidang HR yakni dibahas tentang undang-undang tenaga kerja, pengupahan, dan lain-lainnya. “Kelebihan sertifikasi ini adalah tidak semua orang memiliki ini dan titel yang akan disandang bagi peserta yang lulus yakni CPHRM,” pungkasnya.

Sementara, Ketua BPD ABUJAPI Sumsel, Novembriono SE yang juga Direktur PT BHAKTI YUDHA UTAMA mengatakan, acara ini diikuti oleh 20 orang peserta terdiri dari akademisi, notaris, Direktur BUJP, manager HRD, dan pemerhati human resource.

“Acara ini dibuka oleh Ketua 2 BPP ABUJAPI Toes Adi H. Widaningrat SH MM CCPS CHRM, untuk gelombang kedua di bulan Januari 2020 pun sudah ada banyak yang mendaftar,” jelas Boy sapaan akrab Novembriono.

Ia berharap ke depan makin banyak praktisi dan pemerhati HR menjadi lebih berkualitas dan tersertifikasi secara resmi di BNSP. “Sehingga mempunyai daya saing lebih baik dan menjadi SDM UNGGUL sehingga INDONESIA menjadi lebih MAJU,” harapnya.

Pemateri, Desia Kartika Wardani yang juga selaku Asesor menambahkan, kegiatan ini luar biasa. Artinya Sertifikasi Potensi ini dan masyarakat itu sudah mulai merasakan manfaat atau sudah mau berusaha untuk menyertifikasi dirinya, artinya HR menjadi agen untuk mewujudkan SDM unggul.

“Sehingga ini penting untuk para praktisi HR dan bisa punya kompetensi dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia untuk menjadi SDM yang unggul seperti kata Pak Presiden istilah untuk Periode berikutnya,” jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini pemerintah sudah mulai fokus kepada pengembangan SDM, untuk kegiatan ini memang diselenggarakan oleh PT Bakti Utama dan ini bekerjasama dengan ABUJAPI (Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia) dan kebetulan untuk pelatihan itu dengan PT Indonesia People Power terkait dengan proses uji  kompetensi. “Materi yang kita sampaikan terkait dengan skema Penyediaan SDM. Jadi skema penyediaan SDM ini, peserta yang datang hari ini bervariasi dari Akdemisi, Pengusaha, dan Praktisi,” cetusnya.

Menurutnya, untuk peserta ada dari Jakarta, Bengkulu, dan Palembang. Sertifikasi profesi MSDM, terselenggara berkat kerja sama dengan PT BHAKTI YUDHA UTAMA,  PT INDONESIAN PEOPLE POWER, dan Lembaga Sertifikasi Profesi MSDM BRILLIANT yang terdaftar mempunyai izin resmi dari BNSP, dan diisi pemateri oleh para Asesor seperti, Theresia Kartika Wardhani, S.Psi., MM, CPHRM, CHt, Psikolog juga merupakan Direktur PT INDONESIA PEOPLE POWER, Theresia Dewi Setyorini, S.Psi., MS.i., Psikolog yang juga seorang Dosen dan Agus Sutrisno, S.Pd., M.Pd selaku Direktur LSP BRILLIANT.

Laporan : As/Dew
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed