oleh

Warga Binaan Mendapat Pendidikan Kesetaraan

Securitynews.co.id, BANYUASIN- Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuasin Melalui Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) bersama Lapas Kelas IIA Banyuasin menjalin kerja sama dalam bidang pendidikan. Didukung SKB, penghuni warga binaan Lapas Banyuasin mendapatkan Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan Paket C. Kerja sama ini dilakukan pada Selasa (29/09/2020) di Lapas Kelas IIA Banyuasin.

Kepala SKB Siti Khomsiatun mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan hak warga binaan dalam memperoleh pendidikan dan pengajaran. Oleh karena itu, pendidikan di Lapas sebenarnya merupakan hak dari warga pemasyarakatan. Selama proses pembelajaran itu, mereka akan dibina oleh SKB. Selain materi pendidikan formal, warga binaan juga diberikan pelajaran mengenai materi sejarah indonesia, wawasan kebangsaan dan etika perilaku.

Siti khomsiatun menjelaskan, Kejar Paket A, B dan C adalah solusi yang sudah berusia di atas usia sekolah namun ingin memiliki pengetahuan, kemampuan dan ijazah setara dengan SD, SMP atau SMA. Warga binaan yang ingin mengikuti Kejar Paket A, B dan C harus mendaftar di SKB yang menjadi mitra di Lapas Banyuasin.  “Harapan kami mereka bisa mengikuti Ujian Kejar Paket dan mendapatkan ijazah yang diakui oleh Negara. Sehingga ini bisa menjadi bekal saat mereka sudah keluarga dari Lapas,” ujar Siti Khomsiatun.

Kepala Lapas kelas II Banyuasin Ronaldo Devinci Talesa menyambut baik program Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan Paket C di Lapas Banyuasin.

Menurut Ronaldo, pendidikan kesetaraan ini sangat bermanfaat bagi warga binaan. Harapannya, pendidikan kesetaraan ini memberikan manfaat dikemudian hari dan menjadi modal untuk mencari pekerjaan setelah bebas nanti. “Pendidikan di Lapas sebenarnya merupakan hak dari warga pemasyarakatan. Pendidikan ini tertera di UU Pemasyarakatan No.12 tahun 1995 mengenai hak warga binaan untuk memperoleh pendidikan. Ini salah satu sarana agar mereka merasa diorangkan,” tandasnya.

Laporan : Deni
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed