Wagub Sumsel: Kabupaten/Kota Ujung Tombak dan Garda Terdepan Penanganan Covid-19

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Wakil Gubernur Sumsel sekaligus Ketua Umum Rumah Sehat Covid-19 Sumsel, H. Mawardi Yahya menegaskan, kabupaten/kota harus proaktif karena merupakan ujung tombak dalam penanganan Covid-19.

“Ini sebagai percepatan penanganan Covid 19. Pemerintahan sebagai garda terdepan adalah Pemkab dan Pemkot. Untuk itu diharapkan Pemkab/Pemkot lebih meningkatkan aktivitas penanganan masalah Covid-19 ini,” tegasnya didampingi Ketua Koordinator Rumah Sehat Covid 19, Aufa di sela-sela meninjau gedung PDP Center Pemprov Sumsel berlokasi di Tower 8, Jakabaring Sport City Palembang, Rabu (20/5/20).

Ia menambahkan, kabupaten/kota diharapkan juga mampu mendeteksi sedini mungkin, berasal dari mana dan siapa saja yang memiliki gejala Covid-19 agar tidak menular kemana-mana. Jadi, pihak puskesmas dan rumah sakit harus proaktif.

Sambung Wagub, pemprov siap membackup dan memfasilitasi sebagai upaya penanganan penyebaran Covid-19. “Sebagai contoh bukti kesigapan Pemprov dalam upaya menangani dan membatasi terjadinya penyebaran Covid 19 yakni mempersiapkan Wiswa Atlet sebagai ODP Center yang diberi nama Rumah Sehat Covid 19, sejak Maret lalu,” ungkapnya.

Saat ini, lanjut Wagub, dengan semakin meningkatnya jumlah Pasien PDP dan daya tampung beberapa rumah sakit sudah terbatas, Pemrov pun telah mengambil sikap dan tindakan cepat yakni menyiapkan Tower 7 dan 8 di Wisma Atlet sebagai PDP center sekaligus sebagai rumah sakit darurat dengan berbagai fasilitas yang diperlukan.

“Ya, semua fasilitas sudah disiapkan untuk mendukung penanganan pasien naik ODP dan PDP. Dibukanya PDP Center untuk menampung jika rumah sakit rujukan tidak lagi mampu menampung pasien,” ujarnya.

Dirinya juga berharap masyarakat tetap waspada, menjaga kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah yang sudah ditetapkan. “Jangan anggap sepele dan perlu waspada. Jaga kesehatan dan ikuti anjuran pemerintah,” imbuhnya.

Sementara itu, koordinator Rumah Sehat Covid 19 Sumsel, Aufa menambahkan tercatat saat ini ada sekitar 85 orang dalam penanganan, dimana 41 orang klien Orang Dalam Pemantauan (ODP). Selain itu PDP Center Tower 8 saat ini menangani sekitar 44 klien Pasien Dengan Pengawasan (PDP).

“Kami terus melakukan koordinasi dan bekerja sama dengan kabupaten kota untuk melakukan penanganan terhadap virus Corona. Intinya Pemprov Sumsel siap memfasilitasi melalui Rumah Sehat siap Covid 19 Sumsel,” pungkasnya.

Laporan : Akip/Ril
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *