Satpam Pertamina Ikuti Security Awareness

Securitynews.co.id, PALI- Dalam rangka peningkatkan kemampuan, kesiapan, dan keandalan sistem pengamanan di lingkungan kerja PT Pertamina EP Pendopo Field, sebanyak empat puluh lima anggota satuan tenaga pengamanan mengikuti kegiatan Security Awareness yang dilaksanakan di Gedung Arsendora pada Kamis, (2/2/23).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Superintendent Pendopo HSSE Ops Mohammad Nur Samudin W, Officer Security Ricky Nova serta Direktur PT Adepas yang menaungi langsung tenaga pengamanan PT Pertamina EP Pendopo Field. Bersama narasumber dari Kasat Binmas Polres PALI AKP Faizal Kamil para satuan pengamanan sangat bersemangat mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya Superintendent Pendopo HSSE Ops Mohammad Nur Samudin W menyampaikan bahwa Security Awareness sangat penting untuk dilaksanakan karena kegiatan tersebut merupakan standar Sistem Management Pengamanan ( SMP) yang memang harus dimiliki oleh setiap anggota tenaga keamanan. ”Anggota satuan pengamanan harus memiliki kemampuan dasar dalam mengatasi berbagai ancaman dan gangguan – gangguan baik yang datang dari eksternal maupun internal,” tutur Mohammad Nur.

Beliau juga mengimbau kepada seluruh peserta agar kiranya bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan tersebut, diberikan ruang seluas–luasnya kepada para peserta untuk bertanya jika memang belum memahami dengan materi yang disampaikan supaya nantinya dapat lebih trampil dan cermat dalam melaksanakan tugas.

Sementara itu Kasat Binmas Polres PALI AKP Faizal Kamil dalam paparannya menekankan kepada seluruh para peserta untuk dapat menjadi satuan tenaga pengamanan yang hebat, yang mampu melaksanakan tugas -tugas dengan baik sesuai dengan standar Sistem Management Pengaman sehingga tercipta suasana yang aman dan kondusif di lingkungan kerja seiring dengan harapan dari perusahaan. Pada kesempatan tersebut Faizal Kamil mensosialisasikan program “Satpam Hebat”, program satpam hebat memberikan kemudahan bagi setiap tenaga keamanan dalam melakukan pemetaan posisi satpam secara digital, menguasai konsep simpel & visible serta membantu minimalisir tindak kejahatan yang terjadi di lingkungan perusahaan.

AKP Faizal Kamil juga menjelaskan tentang Perpol nomor 1 tahun 2023 perubahan atas peraturan Kepolisian Republik Indonesia nomor 4 tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa yang telah disahkan oleh Kapolri pada 13 Januari 2023. Pengantian warna seragam bagi satuan tenaga pengamanan guna menyelaraskan perkembangan dinamika masyarakat saat ini, selain itu dengan perubahan tersebut diharapkan dapat terciptanya hubungan kerja yang lebih harmonis antara Pembina dengan para anggota satuan pengamanan.

Laporan : Anda Chandra
Editing : Imam Gazali

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar