PT Pertamina EP Pendopo Field Berikan Edukasi Migas ke SMA Negeri 4 Kecamatan Talang Ubi

Securitynews.co.id, PALI– Sebagai wujud kepedulian bidang pendidikan terhadap sekolah yang bersinggungan langsung dengan wilayah kerja operasional khususnya di lokasi Talang Akar, PT Pertamina EP Pendopo Field memberikan edukasi Migas ke SMA Negeri 4 Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI Kamis (14/12/23).

Kegiatan tersebut dihadiri Pjs Senior Manager Pendopo Field Guntur Mulyanagara didampingi, Superintendent Pendopo HSSE Ops Mohammad Nur Samudin W, Junior ComRel Zona 4 Wawan Hendrawan, Junior Engineer Petroleum Pendopo Field Hari Laksono serta Operator Trunkline Pendopo Field Meiwansyah. Selain diikuti 70 siswa-siswi kelas 12.

Dalam sambutannya Pjs Senior Manager Pendopo Field Guntur Mulyanagara menjelaskan bahwasannya kegiatan edukasi migas merupakan salah satu bagian tanggung jawab perusahaan pada dunia pendidikan. “Kegiatan edukasi migas ini kita lakukan guna memberikan wawasan dan pengetahuan kepada siswa-siswi khususnya anak kelas 12 yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan perguruan tinggi. Selain itu kami berharap kiranya anak-anak dapat menjadi penyambung lidah ke masyarakat betapa pentingnya kita turut mendukung kegiatan Hulu Migas,” tutur Guntur.

Sementara itu di tempat yang sama Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Talang Ubi yang diwakili oleh Bidang Kurikulum Serlly mengucapkan terima kasih kepada PT Pertamina EP Pendopo Field yang telah melaksanakan kegiatan tersebut. Sangat tepat kegiatan ini dilaksanakan mengingat saat ini anak-anak baru selesai mengikuti ulangan semester, sehingga class meeting dapat diisi dengan kegiatan edukasi migas untuk menambah wawasan bagi anak-anak.

Pemaparan materi kegiatan Hulu Migas yang disampaikan oleh pemateri, diawali dengan overview perusahaan oleh Junior ComRel Zona 4 Wawan Hendrawan. Pada kesempatan tersebut wawan menyampaikan cakupan wilayah kerja PT Pertamina EP Pendopo Field yang meliputi empat kabupaten. Di antaranya Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir terdapat dua lokasi yaitu Lokasi Talang Akar dan Lokasi Benakat, Kabupaten Musi Banyuasin terdapat Lokasi Jirak, Kabupaten Muara Enim terdapat Lokasi Betung dan Kabupaten Musi Rawas terdapat lokasi Musi dan Lokasi Sopa. Selama empat puluh menit kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi pengeboran oleh Junior Engineer Petroleum Pendopo Field Hari Laksono. Keberadaan pemboran sumur TAP-LTF-04 yang saat ini sedang beroperasional yang memang secara lokasi tidak jauh dari sekolah SMA N 4 Talang Ubi, sehingga anak-anak dapat merasakan dan melihat secara langsung kegiatan pengeboran. Tidak hanya memaparkan kegiatan pengeboran pada kesempatan tersebut juga dipaparkan kegiatan operasional Produksi PT Pertamina EP Pendopo Field oleh Operator Trunkline Pendopo Field Meiwansyah. Pentingnya memberikan wawasan kegiatan operasional Produksi ke siswa-siswi karena ketiga kegiatan pengeboran telah berhasil maka perlu adanya kegiatan produksi untuk mengatur arus perjalanan minyak yang dihasilkan dari sumur hingga ke pengilangan untuk diproduksi menjadi berbagai macam bahan bakar.

Edukasi migas sangat penting dilaksanakan guna memberikan informasi yang berkualitas sehingga diharapkan dapat mendukung aktivitas operasional dengan lancar sehingga target produksi dapat tercapai yang pada akhirnya ketersediaan energi nasional dapat terpenuhi.

Laporan : A. Chandra
Posting : Imam Gazali