Giat Gotong Royong di RT 27 Kelurahan 26 Ilir Kecamatan Bukit Kecil Palembang

Securitynews.com, PALEMBANG- Giat Gotong Royong yang dikoordinir langsung oleh Camat Bukit Kecil Alex didampingi Sekretaris Camat (Sekcam) Bukit Kecil Yuli Mulyani, Lurah 26 Ilir Efriansyah dan Sekretaris Lurah (Seklur) 26 Ilir Fadlan serta Rw dan Rt setempat juga seluruh warga setempat, Ahad (12/3/2023).

Adapun kegiatannya membersihkan gorong-gorong banyaknya kemampetan diakibatkan banyaknya sampah di dalam gorong-gorong, sehingga sampah yang ada semakin lama semakin menumpuk dan mengakibatkan banjiran.

Sekretaris Camat (Sekcam) Bukit Kecil Yuli Mulyani mengatakan, pada hari ini kita melakukan kegiatan gotong-royong di Rt 27 Keluarahan 26 Kecamatan Bukit Kecil. “Kita melakukan pembersihan drainase di permukiman rumah rumah warga, yang memang berdampak diareal kawasan yang mudah banjir,” terangnya.

Pada dasarnya dari pemerintah berupaya bersama sama dengan masyarakat berpartisipasi dengan masyarakat mengerahkan masyarakat juga untuk mau membersihkan terutama di lingkungan mereka. “Saya mengimbau kepada masyarakat setempat dengan adanya gotong-royong yang juga merupakan program dari pemerintah Kota Palembang, tentunya untuk mendorong masyarakat menggerakan hati masyarakat untuk membersihkan lingkungan terutama tempat tinggal mereka masing masing, peranserta masyarakat sangat diperlukan selain dari peran pemerintah,” tandasnya.

Di tempat yang sama Lurah 26 Ilir Efriansyah menuturkan, sesuai dengan kegiatan rutin program dari pemerintah melakukan gotong royong, ada gotong-royong tingkat kecamatan dan gotong royong tingkat kelurahan, hari ini merupakan gotong royong kecamatan yang melibatkan dari PERKIMTAN, Perdaganggan dan BKSDM, kegiatan program gotong royong ini sudah lama dilakukan, namun hari ini dilokasi Rt 27 ini salah satu merupakan titik banjir.

“Untuk antisipasi banjir ini, kemarin kita sudah koordinasi dengan PUPR dari bidang SDA tim monit dari PUPR sudah survei mungkin dalam minggu minggu ini mereka akan melaksanakan pengerukan kalau dilihat sungai ini sudah sangat dangkal mungkin dalam minggu minggu ini dari PUPR untuk melakukan pengerukan secepatnya,” bebernya.

Efri mengharapkan kesadaran dari masyarakat untuk menjaga lingkungannya masing masing, supaya tidak lagi membuang sampah di dalam gorong- gorong. Apabila sampah ini menyangkut sudah tentu akan mengakibatkan penumpukan di dalam gorong gorong sehingga mengakibatkan banjir.

Ketua RT 27 Solahudin Bsc menambahkan, sangat bersyukur adanya program gotong-royong dari pemerintah, sehingga banjir yang selama ini yang sudah dirasakan oleh masyarakat khususnya di Rt 27 dapat teratasi dan mendapatkan solusi. ”Kami sangat mendukung adanya gotong-royong tersebut apalagi ini merupakan program dari pemerintah, semoga apa yang sudah dikatakan oleh Pak Lurah kita bahwa akan ada pengerukan lumpur yang didalam gorong gorong yang akan dilakukan oleh pihak dinas PUPR melalui bidang SDA,“ ujar Solahudin.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan gotong royong dari program pemerintah ini, bisa mendapatkan solusi mengatasi banjir dan penumpukan sampah yang ada didalam gorong gorong yang selama ini kami rasakan,“ pungkasnya.

Laporan : Akip
Editing : Imam Gazali