Dinas Perpustakaan dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Sumsel Gelar Pelatihan Bahasa Isyarat

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Dorong program literasi bahasa isyarat dalam kesejahteraan tunarungu, Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) dalam hal ini Dinas Perpustakaan Sumsel bersama Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Balai Pengelola Kereta Api ringan Sumsel menggelar pelatihan bahasa isyarat di Hotel The Zuri Palembang, Senin (5/9/2022).

Kepala Dinas Perpustakaan Sumsel, Fitriana SSos MSi mengatakan, melalui program gerakan literasi bahasa isyarat yang dicanangkan oleh Gubernur Sumsel dan duta literasi hari ini diimplementasikan melalui pelatihan bahasa isyarat kepada petugas pelayanan dan masyarakat penyandang disabilitas diikuti oleh 75 orang peserta. “Hari pertama ini pesertanya sekitar 75 orang namun kedepannya akan dilaksanakan lebih kurang 500 orang peserta secara bertahap,” ujar Fitriana.

Lebih lanjut Fitriana menerangkan, pihaknya memfasilitasi pelatihan dengan tenaga pengajar bahasa isyarat dimana adanya pelatihan bahasa isyarat ini menjadi bentuk perhatian terhadap penyandang disabilitas bahkan di tingkat Kementerian yang bergerak di bidang pelayanan. “Pelatihan yang diberikan yaitu pembelajaran dari dasar atau basic awal secara umum dan akan diberikan pembelajaran secara bertahap,” ucapnya.

Pihaknya berharap dengan adanya pelatihan bahasa isyarat maka peserta dapat mensosialisasikan kembali dan semakin banyak yang bisa berbahasa isyarat di Sumsel. “Semakin banyak jumlah pekerja yang bisa berbahasa isyarat di Sumsel maka semakin banyak juga penempatan-penempatan pekerja di OPD maupun di BUMN atau BUMD dalam pelayanan untuk disabilitas,” tadasnya.

Laporan : Sandy
Editing : Imam Gazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *