BPJS Kesehatan Hadir di Mall Pelayanan Publik Jakabaring

Securitynews.co.id, PALEMBANG– Mall Pelayanan Publik Kota Palembang merupakan suatu tempat yang dibentuk Pemda Kota Palembang melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dengan komitmen memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat, terintegrasi, serta mudah dijangkau oleh seluruh warga kota Palembang.

Layanan yang satu ini merupakan perluasan dari pelayanan terpadu baik di pusat maupun daerah. Artinya, di dalam MPP seluruh kegiatan pelayanan seperti perizinan maupun non perizinan yang menjadi kewenangan pemerintah setempat bisa dilakukan di sini. Tidak hanya perizinan untuk masyarakat secara individu, tetapi badan usaha milik negara dan swasta juga bisa mengurus segala perizinan lewat MPP termasuk di dalamnya BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) turut serta hadir di MPP dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN khususnya di Kota Palembang (13/03).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang Sari Quratulainy mengemukakan bahwa kehadiran BPJS Kesehatan Cabang Palembang di MPP ini menjadi salah satu cara untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan JKN. “Di MPP peserta bisa melakukan pendaftaran peserta baru, perubahan data, dan melayani pemberian informasi dan pengaduan seputar Program JKN yang dapat diakses setiap hari Rabu dan Kamis di jam kerja pelayanan setiap minggunya,” kata Sari.

Sari juga menyampaikan harapannya atas hadirnya BPJS Kesehatan pada MPP, masyarakat semakin terbantu dan terinformasikan manfaat Program JKN sehingga semakin yakin bahwa kehadiran BPJS Kesehatan merupakan bentuk tanggung jawab negara dalam bidang kesehatan terhadap masyarakat.

Novi Ismail yang merupakan seorang peserta Program JKN yang terdaftar dalam segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) menyampaikan bahwa kehadiran BPJS Kesehatan di Mall Pelayanan Publik di Kota Palembang merupakan langkah tepat pemerinah dalam mempermudah masyarakat untuk mengakses berbagai pelayanan publik. Menurutnya kegiatan seperti ini memudahkan peserta yang tidak sempat berkungjung ke Kantor BPJS Kesehatan. “Sebelumnya saya sudah melihat informasi bahwa BPJS Kesehatan akan hadir di Mall Pelayanan Publik. Kebetulan saya sedang mengurus Administrasi kependudukan anak, ketika melihat pelayanan JKN saya langsung mengambil nomor antrian dan mengantri pelayanan,” jelas Novi.

“Melalui MPP ini, saya tidak perlu lagi jauh-jauh mengurus keperluan kepesertaan saya dan keluarga di Kantor BPJS Kesehatan. Di sini juga saya di edukasi terhadap kanal Program JKN lainnya seperti  Mobile JKN, Pandawa, Chika dan layanan Call center 165,” tambah Novi.

Novi menceritakan pelayanan yang didapatkan di mall pelayanan publik ini sama seperti pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan, bahkan lebih mudah dan cepat. Ia merasa beruntung mengakses layanan JKN di mall pelayanan publik, karena mendapatkan informasi penting dari petugas, yaitu tentang penambahan anggota keluarga. Tidak hanya itu, petugas juga memberikan panduan untuk penggunaan Aplikasi Mobile JKN.

“Saya hari ini tidak sia-sia datang ke mall pelayanan publik karena telah hadir layanan JKN, pelayanan di sini sama seperti mengakses layanan di Kantor BPJS Kesehatan. Petugasnya ramah dan membantu saya untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN sampai dengan registrasi. Setelah registrasi saya langsung mengetahui fitur-fitur yang ada di aplikasi Mobile JKN, karena program ini sangat membantu saya dan keluarga dalam mengakses layanan kesehatan,” tandasnya.

Menutup percakapan dengan tim Jamkesnews, Novi berharap kehadiran dan kemudahan pada Mall Pelayanan Publik Kota Palembang ini dapat dirasakan secara menyeluruh bagi seluruh masyarakat Kota Palembang agar semakin banyak peserta yang mendapat kemudahan dalam mengurus berbagai hal termasuk kepesertaan Program JKN. ”Terima kasih untuk pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan, semoga ke depannya BPJS Kesehatan tetap terus ada dan selalu memberikan inovasi-inovasi terbaru dalam meningkatkan mutu layanan kepada peserta,” tutup Novi.

Sumber : Rilis
Posting : Imam Gazali