Bangun SDM Unggul, Pemerintah Desa Padang Lengkuas Gelar Seminar

Securitynews.co.id, LAHAT- Tahap anak usia dini merupakan periode utama dan terpenting dalam siklus kehidupan manusia. Tahapan ini harus mendapat perhatian besar dari keluarga, masyarakat, dan pemerintah. Hal itu dikarenakan tahap anak usia dini sangat menentukan pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di masa depan.

Yang mana pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif merupakan strategi pembangunan manusia untuk mewujudkan anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia dalam rangka mewujudkan tujuan Pembangunan Berkelanjutan Tahun 2030 dan Generasi Emas Tahun 2045. Demikian penyampaian Femmy saat sambutan mewakili Menko PMK Muhadjir Effendy selaku Ketua Gugus Tugas Nasional PAUD HI.

Berdasarkan petunjuk Ketua Gugus Tugas Nasional PAUD HI dan arahan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat, maka Pemerintah Desa Padang Lengkuas Kecamatan Lahat menggelar seminar Tiga Desa yang diikuti Tiga PAUD. Tampak hadir Ny. Rusmawati Bunda PAUD Cendrawasih Desa Padang Lengkuas, Ny. Dina Bunda PAUD Desa Kota Raya serta Ny. Mida Sari Bunda PAUD Desa Ulak Lebar.

Seminar tiga desa tiga PAUD ini diadakan di Balai Desa Padang Lengkuas Kecamatan Lahat, Kamis (10/2/23) dengan narasumber Desvi Wahyuni MPd dosen dari UIN Raden Fatah Palembang didampingi Rara dan Jagad Mahasiswa KKN 78 UIN Raden Fatah Palembang yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata di Desa Padang Lengkuas.

Ny. Rusmawati mengatakan, Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif dimulai dengan memberikan layanan bimbingan perkawinan kepada calon pengantin, dilanjutkan dengan layanan kepada ibu hamil dan anak sejak dalam kandungan sampai dengan usia 6 (enam) tahun, dan pemenuhan kebutuhan esensial anak (kebutuhan gizi, pendidikan, moral) yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi.

Sementara Sabroni Kades Padang Lengkuas menambahkan bahwa dengan adanya kegiatan Seminar Tiga Desa Tiga PAUD ini, sesuai arahan dari pimpinan daerah Kabupaten Lahat untuk menjadi acuan bagi pemerintah daerah Kabupaten Lahat dalam menyusun Rencana Aksi Daerah dalam Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif sekaligus dapat mengimplementasikan PAUD HI di daerah Kabupaten Lahat untuk menjamin terwujudnya SDM yang berkualitas sejak usia dini.

Laporan : Idham
Editing : Imam Gazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar