UT Palembang Gelar Wisuda Periode II Tahun 2024

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Universitas Terbuka (UT) Palembang menggelar wisuda periode II tahun 2024 digelar di Hotel Santika Premiere Palembang, Rabu (9/10/2024).

Whatsapp Image 2024 10 10 At 07.04.35

Dalam acara wisuda tersebut juga dilakukan MoU antara Universitas Sriwijaya dengan Universitas Terbuka, Universitas Sjakyakirti  dengan Universitas Terbuka, Universitas PGRI Palembang dengan Universitas Terbuka, Universitas Bina Darma Palembang dengan Universitas Terbuka dan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Pemerintahan Annisa Dwi Salfaritzi  (STIA & P-ADS) dengan Universitas Terbuka.

 

Dekan  FISIP Universitas Terbuka Dr. Meita Istianda, SIP,M.Si mengatakan, kegiatan wisuda Universitas Terbuka Palembang periode 2 tahun 2024 ini merupakan kegiatan rutin yang selalu diselenggarakan karena memang setiap tahun Universitas Terbuka tentunya melahirkan juga lulusan termasuk terbaik mereka dari berbagai program studi dari Sarjana termasuk Pascasarjana.

 

“Alhamdulillah hari ini kita lihat tadi ada 5 orang lulusan Pascasarjana Universitas Terbuka Palembang,” ujarnya.

 

Lebih lanjut dia menuturkan, wisuda pada  hari ini sekitar 776 orang. Tetapi untuk kelulusan tahun ini seperti yang disampaikan Direktur UT Palembang jumlah sekitar 1800 orang. Untuk wisuda sendiri sebagian sudah mengikuti wisuda di UT pusat sebagian di UT Palembang. “Universitas Terbuka ini inklusif jadi harus mampu memberikan kesempatan kepada siapapun untuk bisa mengenyam pendidikan tinggi. Sehingga UT itu sangat termasuk bagi kaum disabilitas ini sudah hampir keempat kalinya semenjak saya di IT Palembang ini teman-teman saudari saudara kita di disabilitas mereka berhasil lulus dari UT, ada tunarungu, tunanetra, disabilitas UT bisa menjadi salah satu pilihan yang utama. Karena fleksibilitasnya dan mereka ini bisa kuliah tanpa harus meninggalkan rumah bahkan ujian pun sekarang itu ada yang namanya online. Sehingga mereka bisa ujian dari rumah selama perangkatnya itu memungkinkan dan juga mereka memiliki alasan untuk melaksanakan ujian online,” katanya.

 

Lebih lanjut dia menerangkan, Universitas Terbuka tentu semakin hari semakin berkomitmen terhadap kualitas. “Bisa kita lihat dari peringkat akreditasi yang sudah diterima oleh Universitas Terbuka dari akreditasi institusi itu sudah akreditasi A ini tidak main-main karena yang memberikan adalah badan atau tidak akreditasi Nasional Perguruan Tinggi,” bebernya.

 

Di tempat yang sama, Direktur Universitas Terbuka Palembang, Drs.H.Muhammad Tair Abunaim, M.M mengatakan, untuk yang diwisuda tadi ada yang berusia 55 tahun wisudawan uang tertua dari PGSD guru itu yang tertua.

 

Lebih lanjut dia menuturkan, ke depan akan ada beberapa jurusan baru yang ditambah seperti D3 kesehatan. Kemudian S1 penjaskes dan ada beberapa lagi yang ditambah. “Mudah-mudahan ke depan semakin dikenal dan menjadi pilihan masyarakat. UT ini menerima sebanyak-banyaknya tanpa batas di manapun dia fleksibel. Jadi mau di daerah mau jarak jauh dari kota. Karena kita bisa daring jadi sebanyak-banyaknya. Karena itu tujuan tujuan berdirinya UT untuk menampung sebanyak-banyaknya masyarakat yang berpendidikan SLTA minimal untuk melanjutkan ke perguruan tinggi baik tatap muka maupun jarak jauh,” tuturnya.

 

Dia mengungkapkan, untuk wisuda hari ini ada 5 yang pascasarjana. “Lulusan tahun ini hampir 1800 orang. Namun yang  ikut wisuda sekitar 776 orang, karena diantaranya yang sudah di UT pusat dan ada yang tidak ikut mengikuti wisuda hanya mengambil ijazah dan itu diperbolehkan,” pungkasnya.

 

Laporan : Sandy

Posting  : Imam Gazali