Top Digital On Implementation Award 2022, Pemkab Muara Enim Raih Penghargaan Nasional

Securitynews.co.id, MUARA ENIM- Prestasi dan penghargaan tingkat Nasional tahun 2022 terus diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim, salah satunya melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). Yaitu penghargaan TOP Digital on Implementation Awards 2022 #level stars 4 dan TOP Leader on Implementation Awards (Pj Bupati Muara Enim Kurniawan) yang diserahkan oleh Ketua Penyelenggara TOP Digital Awards 2022 M Lutfi Handayani, didampingi Ketua Dewan Juri Top Digital Award 2022 Kalamullah Ramli, dan Ketua Tim Pelaksana Dewan TIK Nasional (WANTIKNAS) Ilham Akbar Habibie kepada Kadiskominfo Muara Enim Ardian Arifanardi yang hadir mewakili Bupati Muara Enim dalam acara puncak penyerahan penghargaan TOP Digital Awards 2022 di Dian Balroom – Raffles Hotel Jakarta, Kamis (15/12).

TOP Digital Awards sendiri merupakan ajang pembelajaran dan penghargaan tertinggi di bidang Teknologi Digital (IT & TELCO) yang diselenggarakan majalah It Works sejak tahun 2016 bekerja sama dengan sejumlah asosiasi dan lembaga konsultan TI dan Telco yang mana pada gelaran ke-7 tahun 2022 ini mengangkat tema “The Strategic Impact of Digital Tranformation in Business & Government.

Dalam TOP Digital Awards tahun 2022 yang diikuti 182 Instansi Pemerintahan dan Korporasi Bisnis se-Indonesia ini. ”Pemkab Muara Enim mengetengahkan perkembangan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang telah berjalan sejak tahun 2018 dengan berbagai inovasi digital diantaranya Mance (Muara Enim Center), Sister Beti (Sistem Informasi Statistik Sektoral Terintegrasi) menyediakan data sektoral secara elektonik secara cepat dan mudah, dan Janda Muda Lemot (jaringan data masuk desa lemah sinyal dan blankspot) dari Diskominfo, Pepesan Pedo (Pelaporan dan Pembayaran Pajak Daerah Secara Online) dari Badan Pendapatan Daerah, kemudian ada Lola Seksie (Pengelolaan Administrasi Sekretariat Kecamatan Berbasiskan Elektronik), Sistem WebGis Bedah Investasi yang memberikan informasi peluang dan potensi investasi di Kabupaten Muara Enim yang ditujukan kepada masyarakat luas serta Mampir Bos (Muara Enim Peluang Investasi Regional Melalui Bedah Investasi Online Sistem) dari DPMPTSP,” terang Ardian sesaat usai menerima penghargaan.

Sehingga, lanjut Ardian, dengan pengembangan SPBE ini, Pemkab. Muara Enim dapat mengintegrasikan semua inovasi digital dari setiap Perangkat Daerah, Kecamatan sampai Desa atau mempercepat tranformasi digital guna meningkatkan pelayanan publik yang aman, cepat dan tepat di Kabupaten Muara Enim.

Terpisah, Pj Bupati Muara Enim Kurniawan mengucapkan selamat dan apresiasi kepada semua Perangkat Daerah terutama kepada Diskominfo yang telah berhasil meraih penghargaan di bidang Teknologi Digital terbesar di Indonesia. Artinya, implementasi teknologi digital, baik di sistem menajemen maupun dalam kaitan memberikan pelayanan kepada masyarakat sudah tepat, guna mewujudkan Muara Enim Smart Regency dan #MERAKYAT Muara Enim untuk Rakyat. “Namun, kita tidak boleh cepat berpuas diri, harus terus melangkah, berinovasi dan saling mendukung karena kedepan masih banyak yang harus kita tingkatkan terutama peningkatan di dunia digital yang berkembang sangat pesat,” pinta Pj Bupati kepada seluruh Perangkat Daerah di Lingkup Pemkab Muara Enim.

Laporan : Awang
Editing : Imam Gazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *