oleh

Tiga Parpol Berkoalisi Lawan Petahana? Ketua PKB Mura: Hanya Bangun Komunikasi dan Bentuk Kebersamaan Politik

Securitynews.co.id, MUSIRAWAS- Riak komunikasi politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Musirawas (Mura) mulai terjadi. Malam tad (14/7) tiga pimpinan partai politik (parpol) yaitu, Firdaus Cik Olah Ketua DPD Golkar Mura, Hj Suwarti Ketua DPD Gerindra, dan H Moh Pianto Ketua DPC PKB Mura melakukan pertemuan.

Moh Pianto Ketua DPC PKB ditanyai mengenai pembahasan pertemuan dengan dua ketua parpol itu menjelaskan, bahwa dirinya harus menjelaskan pola berpikir politik terlebih dahulu. Artinya selagi belum ada rekomendasi ketua partai wajib membangun komunikasi politik di tingkat manapun, siapa pun yang mendapatkan rekomendasi tentunya bakal calon sudah memiliki pasangan yakni Bupati dan Wakilnya. Sejauh ini petahana dan bakal calon-calon lain yang ingin ikut pada kontestasi pilkada Mura, belum ada yang memiliki pasangan.

“Sedangkan saat ini Hj. Suwarti dan Firdaus Cik Ola masih membangun komunikasi politik, siapa yang akan menjadi calon nomor satu di antara mereka berdua ini kita belum tahu. Tetapi saya sebagai orang politik diundang untuk datang ya saya hadir, komunikasi ini bentuk kebersamaan politik,” ujar Moh Pianto.

Dikatakannya, bahwa kalau untuk mendapatkan dukungan siapa saja warga Kabupaten Mura yang ingin maju menjadi kepala daerah dan wakilnya kita wajib untuk mendukungnya. Tetapi untuk mendapatkan rekomendasi dari partai harus melalui kriteria dan aturan, pertama harus ada dukungan dari masyarakat dan yang kedua harus mengikuti mekanisme dan aturan dari PKB.

“Intinya saat ini PKB belum ada keputusan rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat. Kami pun pihak DPC belum memberikan rekomendasi ke pusat karena sejauh ini bakal calon yang ada belum ada pasangannya,” ucapnya.

Saat ini DPC PKB Mura tambahnya, masih melakukan pitenpropertest. Mendaftarkan para calon kandidat secara online langsung ke pusat, calon yang ingin mendapatkan rekomendasi PKB hanya mengantarkan kelengkapan berkas pencalonan ke kantor. Selanjutnya, pihak DPP melakukan pemanggilan terhadap calon yang mendaftar dan akan mengikuti pitenpropertest bagi mereka yang syaratnya lengkap.

“Intinya untuk mendapatkan rekomendasi kita harus melengkapi persyaratan dan mengikuti ketentuan partai, hingga hari ini PKB belum ada keputusan. Yang jelas hingga saatnya nanti, akan kita beritahukan kemana arah rekomendasi PKB akan berlabuh,” pungkasnya.

Dilansir dari media online daerah setempat bahwa katanya, ketiga tokoh ini bersiasat melawan petahana dengan mesin politik mereka masing-masing dan berkoalisi mewujudkan pasangan FCO Suwarti untuk kandidat yang diusung. Dengan kekuatan di legislatif sebanyak 15 kursi, 7 milik Golkar, 5 milik Gerindra, dan 3 milik PKB. Sedangkan parpol lainnya siap menyusul.

“Kami pastikan lawan petahana, kami berunding-berunding melawan petahana, kami petarung dan all out. Insya Allah parpol lain nyusul. Cuma tinggal menunggu keputusan DPP siapa yang jadi nomor 1 nya,” jelas Ketua DPD Gerindra Hj Suwarti yang juga Wakil Bupati Musirawas ini.

Sedangkan, Ketua DPD Golkar Mura, Firdaus Cik Olah (FCO) memastikan diri akan maju dalam Pilkada Mura 2020, menjadi penantang petahana bersaing merebut kursi Mura 1. Bahkan ia mengaku telah menjalin komunikasi dengan pimpinan parpol di Mura untuk berkoalisi.

Laporan : Rudi Tanjung
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed