Fitri: Saya Ini Ibu Mereka, maka Saya Selalu Menyempatkan Diri Bertemu Warga

Securitynews.co.id, BANYUASIN – Sebagai seorang dokter, Fitri Askolani sudah terbiasa mendatangi rumah-rumah warga di tempatnya bertugas. Baik dalam rangka memeriksa kesehatan masyarakat maupun sekedar bersilaturahmi.

Ternyata kebiasaan tersebut, terus dilakoninya walaupun saat ini sudah jadi Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, istri orang nomor satu di Kabupaten Banyuasin bahkan dalam kondisi hamil pun tetap dilakukannya.

Seperti pada saat berkunjung di Desa Teluk Payo Kecamatan Banyuasin II, Selasa (14/7) dalam rangka penilaian HATINYA PKK. Fitri Askolani selalu menyempatkan diri mengunjungi rumah warga yang kurang mampu dan biasanya memberikan bantuan.
Sedikitnya ada lima warga yang didatangi. Yakni Misati, Mujiono, Teguh, Rahing, dan Sopi’i.

Tidak hanya itu, dokter lulusan Unsri ini bersama Istri Wabup Hj Neny Slamet bersama Ketua TP PKK Kecamatan Banyuasin II Masdianawaty Salinan juga memberikan paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid yang ada di Kecamatan Banyuasin II sebanyak 100 (seratus) paket sesuai dengan proposal yang diajukan.

“Saya ini ibu mereka, maka saya selalu menyempatkan diri untuk bertemu dengan warga saya. Jujur kalau sudah bertemu itu lega,” kata dokter Fitri.

Dari kunjungan seperti ini, ujarnya, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mereka. Entah itu bantuan ataupun sekedar motivasi untuk semangat. “Mereka juga biasanya kalau sudah didatangi sudah sangat senang. Ketika mereka tersenyum di situlah timbul rasa bahagia di hati. Dan kegiatan kunjungan seperti ini sudah biasa saya lakukan sebagai seorang dokter,” katanya.

Ibu Misati yang dikunjungi mengaku senang dan terharu karena rumahnya didatangi istri Bupati. “Siapalah saya ini Pak, tiba-tiba rumah saya didatangi istri Bupati, senang, bahagia haru,” katanya.

“Saya berterima kasih, atas perhatian Pak Bupati dan Istri, saya hanya bisa ucapkan terima kasih dan berdoa agar ibu dan keluarga sehat selalu diberi rezki yang banyak dari Allah SWT,” katanya.

Sementara itu, Camat Banyuasin II Salinan didampingi Ketua TP PKK Kecamatan Banyuasin II Masdianawaty mengucapkan rasa terima kasih atas perhatian Ketua TP PKK Banyuasin II kepada warga kurang mampu di Desa Teluk Payo.

“Kami sangat berterima kasih, Bu Fitri Askolani rela jalan kaki, melintasi jalan setapak becek licin mau kunjungi rumah warga kami,” katanya.

Manfaatkan Pekarangan Rumah

Seperti diketahui, dalam kunjungan kerja ke Kecamatan Banyuasin II ini, Ketua TP PKK Banyuasin Fitri Askolani dan Wakil Ketua Hi Neni Slamet ini meninjau dan melakukan penilaian Halaman asri, teratur, rapi dan nyaman dengan PKK (HATINYA PKK) ke Desa Teluk Payo yang kegiatannya dipusatkan di gedung Sentra Sabut Kelapa, Kecamatan Banyuasin II. Desa Teluk Payo salah satu nominasi lomba HATINYA PKK yang jika terpilih akan mewakili Kabupaten Banyuasin di tingkat Provinsi Sumsel.

Penilaian HATINYA PKK adalah wujud dan upaya agar masyarakat yang dibina dapat mandiri dan maju dengan program yang telah dijalankan oleh PKK.

Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin dr Fitriyanti Askolani dalam arahannya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya masing-masing untuk ditanam sayuran, buah-buahan hingga tanaman obat. Kegunaannya, selain untuk mempercantik pekarangan rumah agar terlihat asri dan hijau juga untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

PKK Banyuasin terang Fitri, sudah membuat gerakan HATINYA PKK adalah singkatan dari Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman bersama Tim Penggerak PKK.

Kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan Pokja III PKK Seluruh Indonesia termasuk Pokja III TP PKK Banyuasin. Dimana melalui program ini PKK membina kader PKK dan masyarakat untuk dapat bergerak memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya masing-masing walaupun kecil dan minimalis untuk diatur sedemikian rupa, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarganya.

“Salah satu manfaat pekarangan di antaranya kebun gizi keluarga dengan buah dan sayur, apotik hidup dengan tanaman obat tradisional, warung hidup dengan aneka bumbu dan rempah serta tanaman perlindungan dan tanaman keras,” ujar Fitri.

Melalui gerakan Hatinya PKK ini jelas Fitri, dirinya berharapkan masyarakat dapat secara sadar mengelola pekarangan atau halaman rumahnya agar asri, teratur sehingga terlihat indah dan menciptakan kenyamanan bagi penghuninya.

“Mari kita sama-sama memanfaatkan lahan pekarangan semaksimal mungkin melalui Hatinya PKK dengan mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan melalui pendekatan terpadu dengan berbagai jenis tanaman, ternak dan ikan. Diharapkan dapat menjamin ketersediaan bahan pangan yang beraneka ragam secara terus menerus, guna pemenuhan gizi dan pendapatan keluarga apalagi di tengah pandemi covid 19 saat ini,” harapnya.

Laporan : Deni
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *