PT Bukit Asam TBK Bangun Empat Perlintasan Rel Kereta Api di Muara Enim

Securitynews.co.id, MUARA ENIM- Sebanyak empat unit pos dan palang pintu perlintasan sebidang jalur perlintasan langsung (JPL) Kereta Api di wilayah Kecamatan Muara Enim, yaitu JPL 01 di Jalan Pemuda, JPL 121 di Rumah Tumbuh, JPL 122A di Pelawaran, dan JPL 03 di Pelita Sari yang sudah ditunggu-tunggu masyarakat kapan pengoperasiannya, hari ini telah resmi beroperasi.

Hal tersebut ditandai dengan penarikan tuas kendali secara simbolis oleh Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali bersama Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim Liono Basuki, dan Direktur SDM PT Bukit Asam TBK (PTBA) Suherman.

Di awal sambutannya Pj Bupati mengucapkan terima kasih kepada PTBA atas dasar bantuan pembangunan 4 unit pos dan palang pintu tersebut yang diberikan kepada Pemkab. Muara Enim.

Tentunya, kata Pj Bupati, tujuan pembangunan ini adalah sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan dan jaminan keamanan maupun keselamatam bagi masyarakat khususnya pengguna jalan yang melintasi jalur sebidang kereta api. Apalagi mengingat intensitas volume kereta api yang melintas semakin tinggi dan lalu lalang kendaraan yang semakin padat, maka kehadiran pos dan palang pintu ini merupakan suatu keharusan. “Ke depan, kita bersama kementerian maupun perusahaan terkait harus mencari solusi yang lebih baik lagi dan efektif dalam mengatasi permasalahan ini, salah satunya dengan segera merealisasikan pembangunan jalan layang (flyover) ataupun jalan terowongan (underpass),” ungkap Ahmad Rizali.

Dirinya berharap, kehadiran pos dan palang pintu ini dapat dimanfaatkan dan dioperasionalkan dengan sebaik-baiknya oleh Dishub Kabupaten Muara Enim dan tentunya memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, khususnya dalam meningkatkan keamanan dan keselamatan.

Senada dengan Pj Bupati, Direktur SDM PT Bukit Asam TBK Suherman berharap palang pintu ini akan memberikan mafaat bagi masyarakat Kota Muara Enim utamanya mengenai keselamatan berlalu lintas.

Ia mengungkapkan, bantuan pos dan palang pintu ini merupakan kewajiban pihaknya sebagai badan usaha yang beroperasi di wilayah Kabupaten Muara Enim. Di samping itu, dirinya juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama membangun dan mengembangkan Bumi Serasan Sekundang ini.

Sementara itu, H Junaidi Kadishub Kabupaten Muara Enim menjelaskan, pihaknya akan menugaskan 9 orang pegawai Dishub Muara Enim dengan 3 shift masing-masing selama 8 jam kerja untuk mengoperasikan palang pintu ini.

Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan study tiru ke Provinsi Lampung terkait pembangunan flyover pengganti palang pintu tersebut untuk jangka panjang.

Nampak hadir di antaranya, Forkopimda Kabupaten Muara Enim, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kadishub Muara Enim, Camat Muara Enim, Lurah Pasar I dan Lurah Pasar II, Kepala PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang, dan Tokoh Pemuda Kecamatan Muara Enim.

Laporan : Edwar
Posting : Imam Gazali