Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun 2023

Securitynews.co.id, MUARA ENIM- Penjabat (Plt) Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah membuka Musrenbang (Musyawarah Perencaaan Pembangunan) RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) Kabupaten Muara Enim Tahun 2023, Senin 17/03/2023, di Hotel Grand Zuri Kota Muara Enim.

Pada kesempatan tersebut, penjabat (Plt) Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah mengungkapkan pertumbuhan perekonomian Kabupaten Muara Enim tahun 2023 mulai menunjukkan pertumbuhan positif yaitu sebesar 5,75. Angka ini berada di atas pertumbuhan ekonomi provinsi dan nasional. ”Musrenbang adalah tahapan sistematis, selanjutnya musrenbang adalah indikator pembangunan di Kabupaten Muara Enim, juga catatan kita agar pembangunan di tahun 2024 bertambah baik. Musrenbang adalah tahapan sistematis. Mari kita bangun Bumi Serasan Sekundang agar lebih baik dari pembangunan sebelumnya, mari berbenah,” tegas Bupati.

Dalam melakukan hal yang terbaik tidaklah mudah, mari kita bersatu padu untuk meraih kebaikan. ”Semenjak saya masuk Muara Enim saudara sekalian adalah bagian dari saudara saya, mari kita bahu-membahu. Saya juga melaporkan di tahun ini kita sudah mendapatkan empat penghargaan dan ini bukan milik saya tapi milik kita semua. Juga saya menambahkan Muara Enim terdepan dibandingkan pembangunan di kabupaten lain. Untuk itu, kinerja yang telah kita capai hingga saat ini kiranya dapat bersama-sama kita pertahankan dan berusaha untuk lebih ditingkatkan di masa mendatang yang mana semuanya ini diawali dengan melakukan penyusunan perencanaan pembangunan yang aspiratif dan partisipatif. Antara lain melalui forum Musrenbang seperti yang kita laksanakan pada hari ini,” ungkapnya.

Prioritas pembangunan tersebut, lanjut dia, akan menjadi pedoman dalam merencanakan anggaran pendapatan dan belanja daerah guna melaksanakan program/kegiatan pada tahun 2024 yang akan datang. “Saya menginstruksikan langsung seluruh Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemkab Muara Enim dalam penyusunan rancangan RKPD Kabupaten Muara Enim tahun 2024 agar mempedomani peraturan perundang-undangan terbaru yang berlaku,” urainya.

Selanjutnya, Ahmad Usmarwi Kaffa mengatakan, sesuai dengan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) Tahun 2020-2024, yang mencakup pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi ekonomi serta arah kebijakan prioritas rencana kerja pemerintah tahun 2023, yang bertema “Stabilitas Ekonomi dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Dasar.”

Ahmad Usmarwi Kaffah berharap, Kabupaten Muara Enim dapat mensinkronkan kebijakan pusat dengan prioritas pembangunan yang telah disusun dengan tetap mempedomani kebijakan-kebijakan perencanaan. “Sehingga penyusunan alokasi anggaran dalam program prioritas tahun 2024 dilakukan secara proporsional, berdasarkan prioritas pembangunan yang telah disepakati sesuai ketersediaan anggaran serta dapat mencapai target yang telah kita tetapkan,” pungkasnya.

Di sela kegiatan, juga diinformasikan tentang penghargaan perencanaan terbaik tahun 2023 lingkup pemerintah Kabupaten Muara Enim yakni penghargaan terbaik tingkat kecamatan diraih

Satu diraih Kecamatan Muara Belida, kedua diraih Kecamatan Gelumbang, dan ketiga diraih Muara Belida Darat.

Sedangkan dinas terbaik diraih Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Peringkat dua diraih oleh Dinas Perkebunan, dan peringkat ketiga diraih oleh Dinas Kehutanan. (Adv/Edward)