Kolaborasi Baznas OKI dengan Baznas RI dan Provinsi Bantu Masyarakat Rumah Tak Layak Huni

Securitynews.co.id, KAYUAGUNG- Sebanyak 16 warga Kabupaten Ogan Komering Ilir mendapat manfaat dari program rumah layak huni dari badan amil zakat nasional (Baznas) tahun 2022 lalu. ”Ada 13 rumah yang mendapat bantuan program rumah layak huni Baznas OKI sementara 3 rumah warga merupakan Kolaborasi bantuan rumah layak huni dari Baznas Republik Indonesia, Baznas Provinsi Sumatera Selatan dan Baznas Kab OKI,” terang Ketua Baznas OKI, H.AM Nazir Bayid saat memberikan kata sambutannya dalam kegiatan penyerahan kunci simbolis terhadap rumah warga a.n Habibah Fhadeca yang berada di Kelurahan Kutaraya Kecamatan Kayuagung, Rabu (11/01/2023).

Lanjutnya, dari 16 warga yang mendapat program rumah layak huni tersebut, 3 di antaranya merupakan bantuan program rumah layak huni yang berkolaborasi dengan Baznas RI dan Baznas Provinsi Sumsel yakni rumah ibu Habibah Fhadeca di Kelurahan Kutaraya Kecamatan Kayuagung, dan 2 lainnya masih dalam tahap penyelesaian yakni a.n Burhan Yusuf warga Kelurahan Tanjung Rancing Kec. Kayuagung dan Reza Ulfa warga Sukadarma Kecamatan Jejawi OKI.

“Dengan adanya bantuan ini, kami berharap terutama bagi yang mendapat bantuan kiranya dapat bersyukur atas nikmat dan rezeki yang Allah swt berikan kepada kita semua serta bantuan tersebut kiranya dapat bermanfaat dan dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik,” ungkapnya.

Baznas OKI juga berharap kiranya progam kolaborasi dari Baznas RI dan Baznas Provinsi Sumsel tetap berkelanjitan, karena masih banyak rumah masyarakat OKI yang tidak layak huni, harapnya sembari mengatakan bagi masyarakat yang kelebihan hartanya kiranya dapat menyalurkan bantuan infaqnya ke Baznas OKI.

Sementara itu, Kepala Baznas RI yang diwakili Perwakilan Baznas Provinsi Sumsel melalui Wakil Ketua 2 Baznas Provinsi Sumsel, Edy Purnomo mengatakan bantuan bedah rumah dari Baznas Provinsi Sumsel Insha Allah akan terus berlanjut dan berkolaborasi dengan Baznas OKI dan semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi penerimanya.

Bupati OKI melalui staf ahli bidang kemasyarakatan pada Setda OKI, Rosihan Anwar menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Baznas RI, Baznas Provinsi Sumsel dan Baznas OKI yang telah membantu masyarakat OKI, inilah wujud kepeduliannya untuk masyarakat OKI. ”Kami berharap bantuan ini dapat berlanjut, kepada ibu Habibah agar tetap bersyukur dan rawatlah rumah ini hingga ke anak cucunya, manfaatkan sebaik-baiknya rumah ini, begitu juga bagi masyarakat OKI lainnya yang telah mendapat bantuan dari program rumah layak huni dari Baznas ini,” harapnya.

Habibah Fhadeca selaku penerima manfaat program kolaborasi bantuan rumah rumah layak huni dari Baznas RI, Provinsi Sumsel. dan Baznas OKI mengungkapkan rasa terima kasih yang tak terhingga atas bantuan yang telah diberikan kepadanya. Betapa tidak, dari semula rumah berukuran 3 x 7 meter dengan kondisi yang begitu parah dimana lantai rumah masih tanah dan dinding kayu sudah dimakan rayap dan atap rumah yang sudah banyak yang bocor, kini sudah permanen, rumah sudah lebar dan panjang dengan ukuran 5 x 7 meter, lantai rumah sudah keramik, dinding sudah batu-bata dan diplester, pintu rumah dan kamar serta WC sudah ada yang, sebelumnya tidak ada, serta penerangan listrik sudah begitu memadai. ”Alhamdulillah dan terimakasih banyak,” ucapnya.

Hadir dalam penyerahan kunci bagi penerima manfaat bantuan layak huni tersebut, camat maupun perwakilan camat setempat, lurah dan kades setempat, para Babinza setempat, tokoh masyarakat dan RT setempat.

Laporan : Aliaman
Editing : Imam Gazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *