Kabut Asap Tak Surutkan Reses Tahap III Tahun 2023, Ir. HM Kanoviyandri Rasyid Anggota Dapil III DPRD Sumsel dari Partai Demokrat Terus Tampung Aspirasi Warga OI

Securitynews.co.id, INDRALAYA- Meski kabut asap mulai menipis namun masih mengganggu aktivitas keseharian warga Ogan Ilir, hal itu tak menyurutkan Ir. HM Kanoviyandri Rasyid Anggota Dapil III DPRD Sumsel dari Partai Demokrat untuk melaksanakan Reses III Tahun 2023 di 4 desa yang ada di Kabupaten Ogan Ilir (OI), (15-22 Oktober 2023). Whatsapp Image 2023 10 24 At 05.44.16

Untuk Reses III kali ini, Kanoviyandri Rasyid memusatkan resesnya di 4 desa. Yakni Desa Ulak Segelung Kecamatan Indralaya Kabupaten OI, Desa Palm Raya Kecamatan Indralaya Utara, Desa Lebung Bandung Kecamatan Rantau Alai, dan Desa Meranjat Ilir Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten OI.Whatsapp Image 2023 10 24 At 05.41.55

Dalam mengawali resesnya ini, Bang Haji Ujang sapaan akrab Kanoviyandri Rasyid selalu mengimbau dan mengingatkan warga di setiap desa untuk selalu menjaga kesehatan selama kabut asap belum reda. Juga meminta warga untuk tidak menimbulkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dalam membuka lahan pertanian dan perkebunan. ”Sebab karhutla itu termasuk tindakan pidana. Jangan sampai, Bapak-Bapak petani kita di sini melakukannya,” ingat Bang Haji.Whatsapp Image 2023 10 24 At 05.42.28
Untuk Reses III yang berlangsung di Desa Ulak Segelung Kecamatan Indralaya Kabupaten OI, Bang Haji Ujang menerima beragam aspirasi dari masyarakat setempat. Di antaranya dari Kades Ulak Segelung, Pak Muhammad yang mengusulkan perbaikan jalan dalam desa. ”Mohon perehaban dan pembangunan jalan yang ada di dalam desa Bang Haji Ujang. Apalagi diprediksi tak lama lagi kita memasuki musim penghujan, sehingga jalan di desa kami dapat dilalui dengan baik oleh warga desa,” ujarnya pada Bang Haji.

Usulan juga datang dari Tokoh Pemuda setempat bernama Sudar. Dia mengusulkan sarana olah raga berupa lapangan bola volley. ”Dengan adanya lapangan bola volley, para pemuda selain dapat berolah raga juga dapat menjalin silaturahmi dengan pemuda antardesa. Mohon kiranya Bapak H. Kanoviyandri dapat membangunnya,” harap Sudar.
Sedangkan Reses III di Desa Palm Raya Kecamatan Indralaya Utara, Bang Haji menerima usulan pengadaan air bersih yang amat langka saat ini. ”Kami hanya minta pengadaan air bersih selama musim kemarau. Sebab di desa kami ini air bersih amat sulit didapatkan. Kalaupun ada itu karena warga membelinya. Mohon solusinya Pak Dewan Provinsi,” ujar seorang kaum Ibu bernama Betty.

Khusus usulan ini, Bang Haji Ujang akan mengupayakannya dengan cara menghubungi pihak PDAM setempat, sehingga masyarakat Desa Palm Raya tak lagi kesulitan akan kebutuhan air bersih pada setiap musim kemarau tiba.

Sementara itu, saat Reses di Desa Lebung Bandung Kecamatan Rantau Alai OI, warga setempat mengusulkan tiang listrik dalam desa. ”Selama ini banyak tiang listrik yang bersifat darurat karena memakai bambu, kalaupun ada banyak tiang listrik yang tak layak pakai karena karatan dimakan usia. Untuk itu kami berharap Bang Haji dapat mengupayakan kiranya pihak PLN dapat mengganti tiang-tiang tersebut karena rawan terjadinya musibah ataupun kebakaran,” usul seorang tokoh masyarakat.

Untuk Reses III terakhir di Kabupaten Ogan Ilir ini, Ir. HM Kanoviyandri Rasyid menyinggahi Desa Meranjat Ilir Kecamatan Indralaya Selatan. Di desa ini, alumnus SMAN 1 Kota Palembang Angkatan 88 itu menerima tiga aspirasi.

Asapirasi pertama disampaikan tokoh masyarakat bernama Pak Indra. Dia mengusulkan pembangunan jalan lingkar untuk memperpendek atau mempercepat jarak tempuh, baik yang menuju dalam desa maupun yang menuju desa tetangga.

Dan usulan kedua disampaikan Sekdes Eeng yang berharap adanya revitalisasi pasar rakyat. ”Dengan adanya revitalisasi pasar rakyat desa kami, maka para pedagang dapat lebih bersaing dengan pusat perbelanjaan modern saat ini. Dengan begitu dapat dapat meningkatkan omset pedagang pasar rakyat,” jelasnya.

Usulan ketiga dari Kades Ikmal M. Zaman yang mengusulkan lanjutan jalan lingkar khusus di Lebak Meranjat. ”Sudah pembangunan jalan lingkar di Lebak Meranjat tak dilanjutkan. Saya berharap Pak Haji Ujang dapat mengupayakan kelanjutannya,” tandas Ikmal.

Bang Haji Ujang menanggapi secara baik, lugas, dan transparan setiap usulan atau aspirasi di Reses III tersebut. ”Insya Allah, semua usulan yang Bapak/Ibu sampaikan akan dapat segera terwujud, aamiin,” pungkas Ir. HM Kanoviyandri Rasyid yang dekat dengan rakyat ini.

Laporan/Posting : Imam Gazali