Ini 5 SMP Percontohan di Palembang

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP Palembang 2022 telah dibuka, untuk tahun ini ada lima sekolah yang dijadikan sekolah percontohan. Lima sekolah tersebut antara lain SMP Negeri 1, SMPN 8, SMPN 9, SMPN 10, dan SMPN 15 mewakili wilayah Seberang Ulu Palembang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ahmad Zulinto mengatakan, tahun lalu kita melakukan PPDB serentak seluruh sekolah, untuk tahun ini ada lima sekolah yang dijadikan sekolah percontohan, Senin (11/4/22).

Zulinto mengungkapkan, karena selama dua tahun kita mengalami Pandemi Covid dan zonasi. ”Kita sering sekali ditanya mana sekolah paling bagus di Palembang, pertanyaan itu sering ditanyakan  oleh  tamu dari luar daerah kabupaten/kota maupun dari anggota DPR.

Dari pantauan selama ini tercatat ada beberapa sekolah itu komite sekolahnya lemah penataan. Setiap kali kita datang ke sekolah tersebut dindingnya penuh dengan coretan, sekolah tidak tertata baik apalagi potensi khusus. Misalnya akademiknya sangat  jauh, padahal tugas sekolah itu memperbaiki.

“Maka tahun ini saya simpulkan ada lima sekolah yang saya buat sebagai sekolah percontohan di Palembang. Dari lima sekolah ini saya nilai dari aspek prestasi tapi kita cari bibit unggulannya,” tegasnya.

Zulinto mengimbau, agar seluruh kepala sekolah menjadi lebih efektif artinya ditinjau dari sarananya dan harus mampu menggunakan sarana yang lengkap dari segi pembelajaran. Gurunya juga harus punya guru yang berpotensi baik, kepala sekolah juga dituntut bagaimana menjadikan anak didik itu anak didik yang berprestasi baik dan melakukan beberapa aspek yang harus dilakukan oleh kepala sekolah.

Zulinto menjelaskan, adapun untuk zona yang berada di wilayah sekolah percontohan itu persentasenya kita kerucutkan menjadi 20% dari 50% persentase dan kurikulum sama seperti biasa, untuk nilai rata rata sekolah percontohan adalah 84, jalurnya bebas darimana saja boleh mendaftar.

PPDB tahun ini saya minta untuk lima SMP percontohan dulu di jalur bebas, jadi untuk pendaftaran SMP reguler bisa dilakukan pada tanggal 30 Mei sampai 4 Juni 2022,” pungkasnya.

Untuk masyarakat yang akan mendaftarkan anaknya silakan melakukan Pendaftaran secara  online melalui web https://ppdbpalembang.com.

Laporan : Snd
Editing : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *