oleh

Gubernur Sumsel Apresiasi Usaha Mikro

SecurityNews.Co.Id Palembang – Silaturahmi pengurus DPD-DPC Akumindo Provinsi Sumsel di Griya Agung, Kamis (5/11/2020). Hadir dalam acara tersebut Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Gubernur Herman Deru mengatakan, sangat mengapresiasi adanya usaha mikro, kecil menengah di Sumsel.

“Saya melihat kita ini berkutat dengan aturan organisasi. Ini bukan partai politik, tapi gerakan ibu ibu yang sangat mulia dalam menuju kemaslahatan. Buatlah sefleksibel mungkin,” ujarnya.

“Penyokong perekonomian kita ini ada pada pertanian, dan UMKM. Pasti saya dukung pertanian dan UMKM di Sumsel,” tambah Herman Deru.

Oleh sebab itu, Herman Deru memastikan akan menandatangani SK kepengurusan organisasi UMKM.

“Saya tandatangani, karena tujuannya mulia. Aku SK kan, susunlah kepengurusannya. Aku tandatangani.Karena tujuan organisasi ini untuk kemajuan UMKM. Pemprov pasti memfasilitasi,” tegasnya.

Menurut Herman Deru, dalam pemulihan ekonomi ini, butuh langkah konkrit.

“Saran, paling lambat organisasi ini awal tahun 2021 sudah dikukuhkan. Kita dukung, UMKM di Sumsel untuk permodalan, keterampilan, marketing atau promosinya,” tegas Herman Deru.

Asisten 1 Pemprov Sumsel Bidang Pemerintahan dan Kesra Ahmad Najib mengatakan, jumlah UMKM di Sumsel banyak. Adanya UMKM dapat menyerap lapangan kerja, sehingga dapat mengurangi pengangguran, dan kemiskinan.

“Kita tahu, di masa pandemi covid-19 ini UMKM ini sangat terdampak. Dengan adanya organisasi ini diharapkan DPD, dan DPC tetap eksis. Bapak Gubernur memberikan apresiasi dengan adanya Akumindo dalam membina dan memberdayakan UMKM,” katanya.

Najib menuturkan, pemerintah pusat telah memberikan bantuan bagi UMKM. Itu dimanfaatkan semaksimal mungkin. “Akumindo diharapkan memberikan pelantihan bagi anggotanya. Pelaku UMKM harus tetap eksis di masa pandemi covid-19 ini,” bebernya.

“Bapak Gubernur optimis UMKM dapat bangkit ditengah pandemi covid-19, dengan menjalankan usahanya dengan mematuhi protokol kesehatan dengan menjalankan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, sesuai Pergub Nomor 37 tahun 2020 tentang pedoman adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman disituasi covid-19,” terang Najib.

Ditempat yang sama, Ketua DPD Akumindo Sumsel Mas Ayu Lela mengatakan, hari ini silaturahmi Akumindo se Sumsel. Program kedepan adalah bekerjasama dengan BUMN dan Perbankan.”Ditengah pandemi covid-19 ini kita harus kompak, agar tetap maju,” ucapnya.

Dia menuturkan, jumlah anggota Akumindo 8.732 orang. Sudah banyak anggota Akumindo yang menerima bantuan Presiden. “Memng ada yang tidak lolos menerima bantuan Presiden, karena ada tiga masalah yaitu tabungan tidak boleh diatas Rp 2 juta, tidak boleh ada pinjaman di Bank dan tidak boleh ada pinjaman di Mekar,” bebernya.

“Dengan adanya bantuan Presiden sebesar Rp 2,4 juta ini, diharapkan yang menerimanya diusahakan dengan cara dibelikan bahan baku, misalnya usaha pempek yakni dengan membeli sagu dan lainnya,” tutupnya. (Akip)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed