Dinkes Kabupaten Muara Enim Gelar Seminar Kesehatan Remaja Sehat Penuh Gizi

Securitynews.co.id, MUARA ENIM- Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-58, Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Kesehatan menggelar Seminar Kesehatan ‘Remaja Sehat Penuh Gizi, Bebas Anemia’ yang dibuka secara langsung oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enin H Riswandar, Kamis pagi (24/11) di Ballroom Hotel Grand Zuri Muara Enim.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim dr Eni Zatila menuturkan bahwa kegiatan ini adalah wujud nyata concern Pemerintah Kabupaten Muara Enim terkait permasalahan yang sedang merebak secara nasional yakni terkait stunting. “Kenapa remaja? karena pencegahan stunting harus dimulai sedari dini mungkin yaitu dari pembinaan remaja putri yang kelak akan menjadi calon ibu bagi anak-anak penerus bangsa,” kata Kadinkes.

Dilaporkannya pada giat tersebut yang diikuti oleh kurang lebih sebanyak 150 orang peserta yang berasal dari tenaga kesehatan, perwakilan OPD serta siswi Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Pertama sederajat lingkup Kecamatan Muara Enim. “Pada usia yang beranjak dewasa biasanya kondisi hormon pada remaja tidak stabil apa lagi ketika memasuki masa menstruasi yang mengakibatkan kekurangan hormon yang berpengaruh kepada pola makan yang mengakibatkan di beberapa kasus para remaja ini kurang akan zat besi,” ujar Kadinkes.

Sementara itu, Pj. Sekretaris Daerah dalam arahannya memberikan apresiasi kepada Dinkes Kabupaten Muara Enim yang telah bergerak selaras dengan isu Nasional perihal stunting yang tentunya mejadi ancaman bagi kelangsungan regenerasi bangsa. “Saya setuju dan sangat mengapresiasi sekali langkah yang ditempuh oleh Dinkes dimana kemarin sudah menggalakkan gerakan 1 Tablet penambah darah setiap minggunya bagi para remaja putri di tingkat SMP dan SMA yang dilakukan serentak di Kabupaten Muara Enim,” kata Riswandar.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, selaku generasi milenial banyak rintangan yang akan dihadapi bagi para penerus estapet kepemimpinan di negri ini, tugas kita selaku pemegang kepemimpinan saat ini untuk memastikan bahwa nantinya kedepan regenerasi bangsa Indonesia ini akan bergenerasi dengan baik sehingga ke depan akan terwujudnya generasi emas selaku penerus estapet kepemimpinan di negeri ini. “Pesan saya jangan gengsi untuk bertanya, tidak ada pertanyaan yang salah sekali lagi ikuti dengarkan materi yang akan disampaikan oleh para narasumber agar bermanfaat bagi peserta sekalian,” pungkas Riswandar.

Hadir selaku narasumber, Yulianto poltekes Kemenkes RI , dr. Henri Azis Spesialis Anak dan sekalu undangan para organisasi wanita lingkup Pemkab. Muara Enim dan jajaran Dinkes Kabupaten Muara Enim.

Laporan : Awang
Editing   : Imam Gazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *