Securitynews.co.id, MUBA- Semenjak Pandemi Covid-19 ada banyak kegiatan dalam tatanan baru yang menuntut kita untuk lebih disiplin mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitas, guna meminimalisir Covid-19.
Berbagai aplikasi dibuat untuk mempermudah segala kegiatan dan untuk mengurangi tatap muka, sehingga membuat kita menjadi lebih canggih dan lebih memahami ilmu teknologi (IT).
Seperti Sosialisasi Pembinaan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan Sosialisasi Aplikasi Sistem Pengelolaan Kepegawaian Terpadu (Songket) oleh Kantor Regional VII BKN Palembang Kamis (9/7/2020) bertempat di Virtual Room Dinkominfo Muba.
Pada kesempatan tersebut Kepala BKPSDM Muba Sunaryo, SSTP MM menyambut baik adanya Aplikasi Songket yang merupakan sistem pengelolaan kepegawaian terpadu secara online. “Ada hikmah di balik Covid-19 ini, kita dipaksa untuk lebih modern, maka dari itu kami akan mendukung aplikasi ini. Mudah-mudahan ini bisa menjadi pelayanan yang efektif dan efisien. Semoga dapat diterapkan dengan baik dan tepat,” tegasnya.
Sementara itu, Tri Lestari Nugraheni SSos selaku Kepala Seksi Pengelolaan Arsip Kepegawaian Instansi didampingi rekannya Ika Uly Prasasty Manurung SKom dari Kanreg VII BKN Palembang, menjelaskan, aplikasi ini muncul karena ada keterbatasan tatap muka selama Covid-19.
Aplikasi Songket yang mengakomodir pelayanan kepegawaian secara digital mulai diimplementasikan untuk pelayanan usul kenaikan pangkat jabatan struktural untuk periode 1 Oktober 2020 di empat lnstansi Daerah yaitu Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Batanghari, dan Kabupaten Muko-Muko.
Diadakannya Sosialisasi Aplikasi Songket ini pengelolaan kepegawaian di lnstansi Daerah secara bertahap minggu ini untuk Sumsel dan yang terakhir itu di Babel. Dengan harapan semuanya dapat menerapkannya sesuai dengan prosedur yang telah dijelaskan.
Tri juga mengatakan, ke depannya aplikasi songket ini akan diterapkan ke seluruh lnstansi Daerah se-wilayah kerja Kanreg VII BKN Palembang yang meliputi berbagai usul kenaikan pangkat, baik jabatan struktural, fungsional, maupun penyesuaian ijazah.
Sistem dengan aplikasi songket berorientasi pada paperless, dokumen yang telah scan dapat dipertanggungjawabkan, dokumen yang tersimpan secara digital juga dapat digunakan selama masih sesuai dengan per-UU.
”Adapun manfaat dari digitalisasi dokumen yaitu tidak perlu khawatir tentang keamanan data, lebih banyak menghemat waktu, kolaborasi yang mudah dan simple untuk dilakukan, integrasi yang lebih baik, lebih mudah dalam melakukan pemulihan dokumen juga mendistribusikannya,” tandasnya.
Laporan : Sony/Ril
Editor/Posting : Imam Ghazali