oleh

Usai Dilantik Menjadi Ketua Mabicab Gerakan Pramuka, Askolani Lantik Kwarcab Kabupaten Banyuasin 2020 – 2025

Securitynews.co.id, BANYUASIN- Ketua beserta Pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Banyuasin Askolani SH dilantik oleh Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Sumatera Selatan H. Mukti Sulaiman, SH MHum.

Bersamaan itu, Bupati Banyuasin turut juga melantik Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Banyuasin DR Senen Har dibantu oleh Sekretaris Latip S.Sos, dan Bendahara Dra Martini Yulia di Graha Sedulang Setudung, Selasa (17/03/2020).

H Askolani mengajak Pengurus Cabang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Banyuasin untuk bersinergi bersama Pemkab Banyuasin dalam mewujudkan Banyuasin Bangkit, Adil, dan Sejahtera.

Suami dr Sri Fitriyanti menegaskan bahwa di dalam dirinya mengalir darah Pramuka, karena dari Sekolah Dasar hingga jadi Bupati tidak lepas sebagai pengurus Pramuka. “Pramuka memiliki nilai manfaat yang sangat besar dalam membentuk jiwa kepemimpinan, jiwa sosial dan jiwa kegotongroyongan. Saya bisa jadi Bupati salah satu faktornya karena Pramuka,“ katanya.

Kemudian, Bupati Banyuasin Askolani SH selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Banyuasin periode 2020–2025 dalam arahannya berharap kepada para pengurus Mabicab untuk melakukan pembinaan terhadap posnya masing–masing. Karena Pramuka adalah salah satu pendidikan luar sekolah untuk membentuk karakter kepemimpinan.

Sementara itu, Ketua Kwartil Daerah Gerakan Pramuka Sumsel H Mukti Sulaiman SH MHum menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Banyuasin atas fasilitas pelantikan hari ini. ”Jujur saya pelantikan hari ini sangat luar biasa, pesertanya ramai sekali. Saya pernah ke daerah melantik pramuka pesertanya sepi. Tapi di Banyuasin luar biasa, ini artinya Kepala Daerah mempunyai perhatian khusus terhadap Gerakan Pramuka di Banyuasin ini,“ tegasnya.

Dengan perhatian yang luar biasa, tegas Mukti Sulaiman, maka wajib anggota Pramuka untuk mendukung dan menyukseskan tujuh program andalan yang menjadi visi misi Bupati dan Wabup dalam mewujudkan Banyuasin Bangkit, Adil, dan Sejahtera.

Selanjutnya, dikatakan Ketua Kwarda Sumatera Selatan komitmen yang kuat ditunjukkan Mabicab dan Kwarcab kepada gerakan Pramuka di Sumatera Selatan, yakni sebuah kekompakan dan mau menunjukkan loyalitasnya terhadap pimpinan.

”Saya menyampaikan apresiasi yang tak terhingga atas terselenggaranya pelantikan hari ini. Dengan itu sudah menunjukkan kuatnya komitmen kita kepada gerakan Pramuka di Sumatera Selatan. Kita harus terus bergerak dalam upaya melakukan revitalitas dan aktivasi gerakan Pramuka di Negara Indonesia tercinta ini,“ jelas H. Mukti Sulaiman, SH MHum dalam sambutannya.

Dia melanjutkan, gerakan Pramuka adalah organisasi gerakan kepanduan di tanah air yang lahir tanggal 14 Agustus 1961.

“Gerakan Pramuka merupakan perubahan nama dan gabungan dari organisasi kepanduan yang telah berdiri sejak zaman kolonial Belanda. Di situ tempat mendidik dan membina generasi muda agar mereka menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, memiliki kepribadian tangguh, terampil, sehat, kuat jasmani dan memiliki rasa kesetiakawanan sosial yang tinggi,” imbuhnya.

Dia menambahkan, gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok untuk menumbuhkan tunas-tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik.

”Bertanggung-jawab mampu berperan serta aktif dan positif dalam mengisi kemerdekaan, membantu pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan nasional, demi mencapai tujuan yakni masyarakat yang sejahtera,” paparnya.

Serta melalui Gerakan Pramuka ini, kita sebagai manusia tidak membeda–bedakan perbedaan agama. Bersatu dalam wadah yang disebut Gerakan Pramuka.

Laporan : Deni
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed