oleh

Sertijab Dansat Brimob, Kapolda: Jaga Amanah Jabatan

Securitynews.co.id, PALEMBANG ─ Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Priyo Widyanto MM, mengajak semua elemen Polri untuk memahami tanggung jawab jabatan serta amanah kepercayaan yang telah diberikan. Hal ini diungkapkannya pada acara Serah Terima Jabatan (Sertjab) Dansat Brimob Polda Sumsel, Selasa (14/01/2020), di lapangan Apel Sat Brimob Polda Sumsel Jl. Srijaya Negara Kelurahan Bukit Lama Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang.

“Harus kita pahami, tanggung jawab atas suatu jabatan adalah amanah sekaligus kepercayaan, dimana di dalamnya mengandung konsekuensi yang tidak ringan. Dengan jabatan yang kita emban, hendaknya senantiasa kita syukuri sebagai wujud kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan. Berdasarkan penilaian, serta evaluasi kinerja dan Assesment secara sistematik dan Komprehensif, serta pertimbangan aspek profesionalitas, komitmen dan integritas, oleh sebab itu, saya berharap kepercayaan yang telah diberikan tersebut dapat diemban dengan dedikasi, loyalitas, keikhlasan, serta komitmen pengabdian yang tinggi, dalam melaksanakan tugas pokok Polri,” ujar Kapolda.

Menurut Kapolda, Satuan Brimob Polda Sumsel merupakan bagian integral Polri yang tidak dapat dipisahkan dan sebagai salah satu unsur pelaksana yang memiliki tugas pokok membina kemampuan dan mengerahkan kekuatan Brimob Polri dalam menanggulangi gangguan keamanan yang berintensitas tinggi, utamanya kerusuhan massa, kejahatan yang terorganisir dan kejahatan yang menggunakan senjata api atau bom serta bersama-sama dengan unsur operasional Kepolisian lainnya mewujudkan tertib hukum dan ketentraman masyarakat di seluruh wilayah Sumatera Selatan.

“Rumusan tugas pokok, fungsi dan peranan tersebut merupakan manifestasi atas harapan masyarakat terhadap kemampuan Brimob Polri untuk dapat menanggulangi kejahatan yang berintensitas tinggi guna terjaminnya keamanan dalam negeri, selain itu masyarakat juga sangat mendambakan sosok Polri khususnya Brigade Mobile Polri yang lebih profesional, taat hukum, adil, bijaksana dan menjunjung tinggi hak asasi manusia dalam menjalankan tugasnya sehingga terwujudnya kehidupan masyarakat yang aman, tentram dan damai,” tutur Priyo.

Di akhir sambutannya Priyo selaku pimpinan Polda Sumatera Selatan, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya serta ucapan terima kasih kepada Komisaris Besar Polisi Yuri Karsono SIK atas pengabdian dan kontribusi yang telah diberikan dalam memimpin Satuan Brimob Polda Sumsel.

“Saya mengucapkan atas diterimanya Saudara pada Pendidikan Sespimti TA. 2020 semoga diberikan kemudahan dalam menempuh pendidikan tersebut, begitu pun kepada pejabat yang baru Kombes Pol Yudo Nugroho Sugianto, SIK saya ucapkan selamat atas jabatan baru sebagai Dansatbrimob Polda Sumsel semoga amanah ini dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya dan segera menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di tempat tugas yang baru, teruskan pengabdian yang terbaik untuk Polda Sumsel,” tandas orang nomor satu di Polda Sumsel ini.

Untuk diketahui, Upacara Sertijab Dansat Brimob Polda Sumsel dari Kombes Pol Yuri Karsono, SIK kepada Kombes Pol Yudo Nugroho Sugianto, SIK yang dihadiri sekitar 300 orang. Tampak hadir juga dalam kegiatan tersebut di antaranya Gubernur Provinsi Sumsel diwakili oleh DR. H. Ahmad Najib SH, M.Hum Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan, Mayjen TNI Irwan SIP MHum Pangdam II/Swj, Brigjen Pol Rudi Setiawan, SIK, MH.
Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto MM dalam kegiatan ini selaku inspektur upacara sedangkan Komandan Upacara AKBP Eko Sumaryanto, SIK Danyon B dan selaku Pelopor Brimob Polda Sumsel serta Perwira Upacara oleh Kompol Dody Indra Eka Putra, SIK Kaden Gegana Brimob Polda Sumsel.

Pembacaan surat keputusan Dhuaja Satbrimob Polda Sumatera Selatan Satya Hasti Guna beserta tunggul-tunggul detasemen mengambil tempat Kemudian dilaksanakan Penyerahan Dhuaja Satbrimob Polda Sumatera Selatan Satya Hasti Guna dari pejabat lama kepada instruktur upacara. Penanggalan dan penyematan pangkat dan tanda jabatan serta menyerahkan tongkat komando.
Instruktur upacara menyerahkan Dhuaja Satbrimob Polda Sumatera Selatan Satya Hasti Guna kepada pejabat baru dan Penandatanganan naskah berita acara serah terima jabatan, berita acara pengambilan sumpah jabatan dan fakta integritas.

Laporan : Syarif/Ril
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed