Manuver Keren JAT di Lanud SMH, Siap Tampil di Singapore Air Show

Securitynews.co.id, PALEMBANG – Kehadiran Jupiter Aerobatic Team (JAT) kebanggaan Indonesia mendarat di Lanud Sri Mulyano Herlambang (SMH) Palembang. Leader JAT Danskadik 102 Letkol Pnb Muhammad Yunus bersama team disambut hangat oleh Para Kadis dan Perwira Staf Lanud SMH, di Base Ops Lanud SMH, Senin (3/2/20).

Leader Letkol Pnb Muhammad Yunus mengatakan, persiapan kami berlatih sudah dua bulan lalu untuk menghadapi Singapore Air Show 2020. “Berlatih manuver-manuver yang baru, karena di Singapore berbeda dengan tempat yang lain seperti di Langkawi,” jelasnya.

Total ada 15 manuver yang akan tampilkan seperti Jupiter Roll, Arrow Head Loop, Clover Leaf, Break Off, Jupiter Wheel, Tango To Diamond, Screw Roll, Leader Benefit, Mirror, Jupiter Roll, Five Cards Loop Solo Spin, Jupiter Roll Back, dan Boom Burst. Dengan target menampilkan manuver-manuver yang sudah kita latihkan sebagai Representatif dalam hal ini TNI AU umumnya untuk bangsa dan negara Indonesia.

Kegiatan Singapore Air Show kali ini yang ketiga pertama tahun 2014, 2016 dan 2020 tahun ini. Rencana kita membawa 7 pesawat 15 crew dan 45 ground crew, dan kemarin hari Jumat 31 Januari 2020 pada saat sesi latihan sudah disaksikan langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Yuyu Sutisna.

Lebih lanjut, tantangan di Singapore untuk saat ini adalah berita yang sering kita dengar masalah virus Corona. ”Karena itu perlu kita waspadai dan kita sudah prepare, menyiapkan obat-obatan termasuk masker, vitamin, termometer, dan lainnya. Sebelumnya kami sudah dibreefing secara detail masalah virus Corona ini, harapannya bisa kita laksanakan manuver dengan aman dan lancar,” ujarnya.

Sementara itu, Kadislog Letkol Kal Pander Sianipar S.E, sebelum kedatangan Jupiter Aerobatic Team sudah menyiapkan pengamanan pesawat dan dukungan-dukungan untuk tim. Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH), Kolonel Pnb Firman Wirayuda S.T., M.Soc.Sc sudah berkoordinasi ke pemerintah provinsi maupun pemerintah kota untuk sarana transportasi dan akomodasi yang siapkan.

Kedatangan JAT ini adalah suatu kebanggaan masyarakat Palembang, kita ketahui bersama bahwa pesawat Jupiter Aerobatic Team adalah kebanggaan kita semua yang akan tampil di luar negeri, bisa singgah di Lanud SMH, Palembang.

“Dimana anak-anak sekolah atau masyarakat yang sempat hadir untuk menyaksikan dan bisa mengetahui seperti apa sih pesawat kita,” terangnya

Laporan : Akip
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *