oleh

ABUJAPI Sumsel Sambut Baik Wacana Seragam Satpam Bakal Mirip Polri

Securitynews.co.id, PALEMBANG – Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (KaBaharkam) Polri Komjen Pol Agus Andrianto melontarkan wacana bahwa seragam Security atau Satpam ke depan bakalan mirip seragam Polri.

Pada usia Satpam yang menginjak 39 tahun, Kabaharkam Polri berpesan, ke depan agar dibuat telaah staf terkait tampilan Satpam menyerupai seragam Polisi.

Contohnya seperti di negara Malaysia, Singapura, Jepang, dan lain-lain. Hadirnya Satpam dengan seragam mirip Polisi ternyata efektif mengurangi terjadinya tindak pidana (kejahatan).

“Banyaknya kejadian kejahatan adalah bukti kegagalan dalam menjalankan fungsi preemtif dan preventif yang diemban oleh Korbinmas Baharkam Polri dan jajaran,” kata Komjen Pol Agus Andrianto seperti dilansir oleh media jurnalsecurity.com (14/01/2020) lalu.

Oleh karena itu, menurut Kabaharkam Polri, membuat seragam Satpam tampak seperti seragam Polisi perlu dilakukan. Dengan maksud akan menjadi perpanjangan tangan Polri, khususnya jajaran Binmas, hadir di tengah-tengah masyarakat.

Ketua BPD ABUJAPI Sumatera Selatan, Novembriono (Boy), menyambut baik wacana dari Kabaharkam Polri mengenai perubahan seragam security atau Satpam tersebut.

“Pada prinsipnya seragam itu tergantung pada fungsinya, seperti apa, diperuntukkan security untuk apa tujuan perubahan itu sendiri harus jelas,” ujar Boy ketika diwawancarai usai mengikuti Upacara HUT Satpam Ke 39 di Lapangan PT Pusri Palembang, Rabu (22/01/2020).

Sehingga perubahan itu memang pada waktunya cocok dengan tugas security atau satpam sebagai pengemban amanat tugas kepolisian di lingkungan terbatas.

“Kami memerlukan banyak waktu untuk menyelesaikan itu karena dari sekian juta security yang ada di Indonesia ini 20 ribuan ada di Sumatera Selatan. Yang jelas ini sangat baik sehingga meningkatkan juga kualitas daripada satuan pengamanan,” ungkapnya.

Laporan : Siba/Ril
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed