oleh

Wisata Kampung Buah Dilaunching di Desa Ghanesa Mukti

Kliksumatera.com, BANYUASIN- Ketua KTNA Banyuasin Sukardi SP MP bersama BPTH Wilayah I Sumsel, Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Sumatera Selatan beserta Camat Muara Sugihan menghadiri launching kampung buah Kabupaten Banyuasin, Minggu (26/1). Kampung buah tersebut berada di Desa Ghanesa Mukti, Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin.

Dalam acara tersebut dilakukan penanaman 2000 aneka bibit buah-buahan seperti Jambu Citra (Jambu Air), Jeruk, Kelengkeng, dan Alpukat. Bibit-bibit itu merupakan bantuan dari kerjasama KTNA Kabupaten Banyuasin dengan BPTH Wilayah I Sumsel dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera selatan untuk mendukung program Bupati dan Wakil Bupati yaitu Program Petani Bangkit.

”Destinasi Wisata Kampung Buah dilaunching hari ini. Saya berharap dengan adanya destinasi wisata baru ini tidak hanya sekadar sinergitas antara Perhutani dengan Dinas Pariwisata. Tetapi juga memberikan efek secara ekonomi kepada masyarakat sekitarnya,” ujar Ketua KTNA Banyuasin Sukardi.

Dalam kesempatan tersebut, Sukardi juga berharap agar ke depannya Kampung Buah yang ada di Desa Ghanesa Mukti ini bisa menjadi Desa Binaan dalam pemanfaatan lahan pekarangan sebagai Desa Tujuan Wisata yang diharapkan akan menambah pendapatan petani yang tujuan akhirnya adalah meningkatkan kesejahteraan petani.

Di Kampung Buah ini ada 2.000 pohon buah. Selain itu, Sukardi berharap agar wisatawan yang berkunjung ke Kampung Buah ini nantinya tidak hanya menikmati buah yang sudah masak. Tetapi KTNA dan masyarakat juga harus bisa memberi edukasi kepada wisatawan tentang bagaimana menanam buah yang benar.

“Yang lebih penting lagi, wisatawan yang datang ke Kampung Buah jangan hanya disuguhi buah yang sudah dipetik dan tinggal makan, tapi juga diajari bagaimana menanam buah yang benar, sehingga ada edukasi dan memberi manfaat kepada wisatawan,” tambah Sukardi.

Laporan : Deni
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed