Wakapolda Ajak Stakeholder Antisipasi Bencana Alam 

Securitynews.co.id, PALEMBANG – Untuk mengantisipasi segala kemungkinan bentuk bencana alam yang terjadi di Provinsi Sumsel, Wakapolda Sumatera Selatan (Selatan) Brigjen Pol Rudi Setiawan SIK SH MH, bersama stakeholder yang terkait seperti TNI, Polri, BPBD, Basarnas, Dinkes, Dinas Pekerjaan Umum di Sumsel akan membangun Posko terpadu dan apel kesiapsiagaan.

“Beberapa hari ke depan kami bersama stakeholder akan membangun Posko terpadu dan apel kesiapsiagaan. Ada tiga jenis potensi bencana alam yang terjadi di Provinsi Sumsel seperti banjir, angin puting beliung dan tanah longsor,” jelas Rudi Setiawan, usai video conference, di ruang Catur Prasetya Mapolda Sumsel Jalan Jenderal Sudirman Palembang, Senin (6/1).

Menurut Rudi, dari laporan stakeholder terkait di antaranya BPBD, Basarnas, Dinkes dan Dinas Pekerjaan Umum semuanya sudah siap mengantisipasi segala bentuk bencana alam yang mungkin bisa terjadi di Sumsel.

“Kalau dari Polri membentuk operasi khusus Aman Nusa II yang dibentuk langsung oleh Kapolri yang diketuai oleh Kabaharkam Mabes Polri. Sementara untuk di tingkat Polda Sumsel sendiri diketuai oleh Kapolda dan wakilnya Wakapolda,” tambah Rudi.

Lebih lanjut ditegaskan oleh Rudi, selain antisipasi stakeholder terkait juga telah siaga dan jika sewaktu waktu bencana alam terjadi personel siap diterjunkan yang fokus utamanya menyelamatkan korban dan penanganan korban pascabencana.

“Intinya pemerintah selalu hadir dalam setiap bencana alam yabg terjadi untuk memberikan bantuan dan pertolongan kepada korban,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Sumsel Iriansyah mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi untuk mengantisipasi bencana banjir, tanah longsor dan puting beliung, yang saat ini sudah dinaikkan statusnya menjadi ‘Siaga’ ke Provinsi dan sudah dilaporkan kepada Gubernur Sumsel.

Sedangkan untuk Status Kabupaten dan kota juga sudah ada berstatus ‘Siaga’ artinya Pemerintah Kabupaten dan kota dan Pemerintah Provinsi Sumsel sudah siaga mengantisipasi baik itu Siaga dari Personel, Peralatan, maupun dan dukungan lainnya.

Iriansyah juga menjelaskan dari seluruh OPD terkait sudah melakukan koordinasi. “Semua sudah kita lakukan koordinasi dengan pihak terkait lainnya,” jelasnya.

“Kami mengapresiasi langkah kongkrit dari Kapolri, Kapolda yang sudah membantu dalam mengantisipasi bencana yang ada di Sumsel serta semua stakeholder. Pada prinsipnya Provinsi Sumatera Selatan ‘Siaga’ dalam rangka untuk mengantisipasi bencana alam yang ada di Provinsi Sumatera Selatan,” tambahnya.

 

Laporan              : Syarif

Editor/Posting  : Imam Ghazali

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *