Wabup Beni Hernedi Jadi Narsum Seminar Nasional Panjat Tebing

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Tidak hanya mengasah nyali dan mental saja, namun olah raga ekstrim panjat tebing juga diyakini dapat meningkatkan imunitas untuk melawan Covid-19.

Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Muba Beni Hernedi SIP yang juga merupakan Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sumatera Selatan saat menjadi narasumber pada Seminar dan Webinar Nasional Olah Raga Panjat Tebing di Masa Pandemi Dengan Tema Meningkatkan Imunitas Melawan Covid-19 Melalui Olahraga Panjat Tebing, Sabtu (31/10/2020) di Graha Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) Palembang.

“Dengan olah raga panjat tebing semua otot dalam tubuh akan bekerja secara keras dan maksimal, tentu jika dilakukan secara rutin bukan tidak mungkin dapat menambah massa otot dan menambah daya tahan tubuh dan meningkatkan kinerja jantung,” ungkap Beni Hernedi.

Lanjutnya, panjat tebing membutuhkan daya tahan tubuh yang fit dan dengan sendirinya jika dilakukan secara efektif serta berkala tentu akan meningkatkan daya tahan tubuh.

“Nah, dengan meningkatnya imunitas tubuh tentu dapat menangkal penularan Covid-19 melalui olah raga panjat tebing ini,” jelas Ketua PMI Muba tersebut.

Beni menambahkan, saat ini FPTI Sumsel telah melakukan seleksi tim Pelatnas U-17 dan U-16. “Seleksi telah dilakukan, dan Sumsel dipastikan mengirim 4 atlet panjat tebing yakni dua atlet putra dan dua atlet putri,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Bidang Dokter Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Feri Pahrizal SKM MKM menuturkan, olah raga panjat tebing dapat memacu kinerja jantung yang bekerja lebih keras sehingga memompa darah ke seluruh bagian tubuh sekaligus melancarkan sirkulasi peredaran darah.

“Manfaat yang dirasakan dengan olah raga panjat tebing dapat meningkatkan massa otot dan banyak juga manfaat yang didapatkan untuk kesehatan tubuh kita,” terangnya.

Ketua Panitia Seminar dan Webinar Nasional Olah Raga Panjat Tebing di Masa Pandemi, Ahmad Romadon mengaku, banyak ilmu dan pemahaman baru yang diperoleh dari rangkaian seminar tersebut, terlebih rangkaian seminar diisi oleh sejumlah narasumber berkompeten yang berkecimpung pada olah raga panjat tebing.

“Kegiatan ini diikuti oleh pelaku olah raga panjat tebing dari 10 Provinsi di Indonesia yang ikut serta dalam rangkaian webinar dan juga dihadiri perwakilan pengurus FPTI Sumsel,” jelasnya.

Romadon menambahkan, kegiatan seminar ini juga menjawab kegalauan pelaku olahraga panjat tebing di Sumsel yang selama masa pandemi ini dilema untuk melaksanakan latihan.

“Dengan penjelasan narsum berkompeten pada rangkaian seminar ini menjawab semua kegalauan kami selaku pelaku olah raga panjat tebing,” ucapnya.

Turut hadir menjadi narasumber dalam rangkaian Seminar dan Webinar Nasional Olahraga Panjat Tebing di Masa Pandemi tersebut Ketua FPTI Sumsel yang juga Wakil Bupati Muba Beni Hernedi SIP, Pembantu Direktur III Polsri Ahmad Zamheri ST MT, Kepala Bidang Dokter Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, dan atlet panjat tebing Hinayah dan diisi moderator yakni Kabiro Humas FPTI Sumsel Sidratul Muntaha.

Pada kegiatan tersebut, Wakil Bupati Muba Beni Hernedi SIP turut didampingi Plt Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, dan Pariwisata Muba Muhammad Fariz SSTP MM, dan Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP.

Selain itu, turut memeriahkan rangkaian kegiatan tersebut juga diisi Fun Climbing di spot panjat tebing Kampus Politeknik Negeri Sriwijaya.

Laporan : Sony
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar