TNI Angkatan Laut Palembang Gelar Gerakan Nasional Ketahanan Pangan TNI Tahun 2023

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Pangkalan TNI Angkatan Laut Palembang menggelar gerakan nasional ketahanan pangan jajaran TNI tahun 2023. Yang Bertema “Ketahanan Pangan Untuk Indonesia Maju”, kegiatan tersebut berlangsung di Komplek TNI AL Jakabaring Palembang Rabu, (01/11/23).Whatsapp Image 2023 11 01 At 06.59.06

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal), Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan menjelaskan bahwa kegiatan ketahanan pangan serentak jajaran TNI khusus di Lanal Palembang yakni panen lele dan penaburan kembali benih lele serta nila merah. “Namun kita hari ini juga mendapat dukungan dari Dinas Perikanan, baik Kota Palembang maupun Provinsi Sumsel dan instansi lainnya,” jelasnya.

Lanjut Kolonel Laut (P) Sandy menuturkan, benih ikan yang diberikan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Selatan 2.000 ikan lele. Sedangkan Dinas Perikanan Kota Palembang memberi 2.000 ikan nila merah. “Selain menabur ikan, kita juga ada lahan dimanfaatkan untuk tanaman jagung di berbagai tempat dan budidaya tanaman lainnya. Luas lahan di sekitaran PUPR kota ada sekitar 2 hektar, untuk lahan lainnya kita masih percobaan menanam di PT Pusri,” tuturnya.

Kendati itu, Kolonel Laut (P) Sandy menyebutkan targetnya akan mengembangkan tanaman untuk ketahanan pangan. “Kalau iklimnya sesuai di Palembang ini kita akan coba tanam lebih luas lagi,” tutupnya.

Sementara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Selatan, Aries Irwan Wahyu menyambut baik gerakan nasional ketahanan pangan jajaran TNI tahun 2023. “Tentunya kita menyambut baik gerakan ini. Ini juga merupakan program yang sama dengan Pemprov Sumsel yakni Gerakan Sumsel Mandiri Pangan. Mudah-mudahan dibantu TNI dapat mempercepat ketahanan pangan di Sumsel agar mencegah stunting dan peningkatan gizi masyarakat. Kita ucapkan terima kasih kepada TNI,” tukasnya.

Laporan : Sandy
Posting : Imam Gazali