SMK Muhammadiyah 3 Palembang Gelar Teaching Factory

  • Nandriani Berikan Support

Securitynews.co.id, PALEMBANG- SMK Muhammadiyah 3 Palembang menggelar Teaching Factory yang berfokus pada pengembangan keterampilan siswa di bidang Food, Green, dan Fashion. Acara peluncuran yang meriah ini menandai langkah penting dalam upaya sekolah untuk memajukan pendidikan vokasi di Palembang. Yang mana acara tersebut digelar di SMK Muhammadiyah Palembang, Senin, (9/9/24).

Whatsapp Image 2024 09 09 At 17.17.05

Dalam kegiatan acara ini Dodi Permana sebagai Wakil Kepala SMK Muhammadiyah 3 Palembang mengatakan, Teaching Factory ini melibatkan tiga jurusan utama: Perhotelan, Tata Boga, dan Tata Busana. Setiap jurusan dirancang untuk memberikan pengalaman praktis yang mendalam dan relevan dengan dunia industri.  “Di jurusan Perhotelan, kami menyediakan kamar untuk tamu luar kota, sedangkan Tata Boga menawarkan berbagai pilihan kuliner, dan Tata Busana menampilkan karya-karya dari siswa yang sudah berpengalaman,” kata Dodi.

 

Lanjut Dodi menyampaikan, Teaching Factory ini merupakan bagian dari program SMK Pusat Keunggulan yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan. “Kami telah mencapai status mandiri sebagai SMK Pusat Keunggulan, yang memungkinkan kami untuk tidak hanya mengajar tetapi juga menghasilkan produk berkualitas dan membekali siswa dengan keterampilan yang langsung diterima di industri,” ujar Dodi.

 

Keberhasilan SMK Muhammadiyah 3 Palembang ini tidak terlepas dari peran para tenaga pendidik yang merupakan profesional di bidangnya. “Guru-guru kami tidak hanya berpengalaman dalam pendidikan tetapi juga memiliki pengalaman praktis yang mendalam di hotel-hotel berbintang, bidang Tata Boga, serta fashion dari Jakarta.

 

Meskipun demikian, Dodi mengakui adanya tantangan dalam membentuk mental siswa. “Kendala utama adalah bagaimana membentuk mental remaja sehingga mereka siap untuk berwirausaha dan bekerja meskipun belum tamat sekolah,” ungkap Dodi.

 

Saat ditanya tentang harapannya ke depan Dodi berharap agar ke depan dari pihak sekolah adalah agar SMK Muhammadiyah 3 Palembang terus maju dan berkembang, serta semakin banyak siswa yang mendaftar dan berprestasi. “Kami berkomitmen untuk menyediakan tenaga pendidik yang profesional dan mempersiapkan siswa untuk siap bekerja dan berwirausaha,” harap Dodi.

 

Di tempat yang sama Nandriani Calon Wakil Walikota Palembang 2024-2029 mengatakan bahwa, dia hadir di sini sebagai bentuk support. ‘’Karena saya seorang intertainer juga dan Insya Allah ini menjadi awal langkah kuat sekolah-sekolah swasta lainnya bisa seperti ini,” kata Nandriani.

 

Pesan dan kesan saya luar biasa karena mereka benar-benar  antusias dan juga mereka benar-benar menunjukkan jati dirinya bahwa mereka bisa ikut serta food, fashion, dan perhotelan. ‘’Jadi saya rasa anak-anak muda zaman sekarang ini dibentuk dari sebuah wirausaha yang karena memang lapangan pekerjaan mungkin mereka lihat sekarang lumayan sulit tapi Insya Allah dari sini mereka tahu bahwa bisa berwirausaha dari kecil ataupun dari mereka SMK seperti itu,” pungkas Nandriani.

 

Laporan : Sandy

Posting   : Imam Gazali