Sebanyak 48 Jurnalis Ikuti UKW Gelombang 45-46

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Selatan, gelombang ke 45 – 46 kembali digelar di Kota Palembang.

Kegiatan ini berlangsung di hotel Beston, jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Ilir Timur I Palembang, dari Jumat (26/4/2024) sampai Sabtu (27/4/2024).

Sebanyak 48 peserta yang merupakan wartawan di seluruh wilayah Provinsi Sumatra Selatan, mengikuti ujian UKW yang terdiri dari 1 kelas untuk UKW Utama, 3 kelas UKW Muda, dan 4 kelas UKW Madya.

Dalam kegiatan UKW tersebut, dibuka langsung oleh Pj Gubernur Sumatra Selatan, Drs Fatoni, melalui Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Ir Basyaruddin Akhmad MSc.

Mengawali kata sambutannya, Ir Basyaruddin Akhmad MSc, mengatakan pesan dari bapak Pj Gubernur Sumatra Selatan, terima kasih kepada masyarakat Sumatra Selatan khususnya insan pers yang telah ikut menjaga Kondusivitas wilayah semasa lebaran. “Semoga kebersamaan kita terus terjadi dan tidak terputus sampai kapanpun. Atas nama pribadi Pj Gubernur Sumatera Selatan, beserta keluarga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, mohon maaf lahir dan batin,” ungkap Ir Basyaruddin Akhmad, pada Jumat (26/4/2024) siang.

Menurut Basyaruddin, tugas utama jurnalis yakni mengumpulkan informasi yang akurat dan relevan dengan melakukan reset wawancara, observasi dan pencarian data untuk mendapatkan fakta-fakta yang diperlukan dalam pelaporan berita. Selanjutnya berita tersebut akan disebarkan melalui berbagai media baik cetak, online, televisi untuk asumsi masyarakat.

“Berita yang benar yaitu mengandung pesan-pesan moral, mampu memberikan pencerahan, berisikan edukasi, spirit, mengandung nilai optimisme. Semoga para peserta jurnalis yang lulus mengikuti UKW ini, dapat meneruskan hubungan baik bersama pemerintah. Dan untuk yang belum berhasil lulus, jangan menyerah dan harus mencoba lagi,” kata dia.

Sementara itu, Ketua PWI Sumsel, Kurnaidi ST, menerangkan bahwa kegiatan UKW seperti ini akan dilakukan terus setiap tahunnya. “Masih banyak teman-teman jurnalis yang di luar sana yang belum mengikuti UKW, maka dari itu para teman-teman yang sekarang mengikuti UKW, sebarkan informasi jika nanti ada lagi kegiatan UKW,” tuturnya.

Ia juga berterima kasih kepada pengurus PWI pusat yang telah mengadakan kegiatan UKW secara gratis. “Terakhir, saya mendoakan semoga seluruh peserta UKW lulus semua, dan menjadi jurnalis yang diakui dewan pers,” ujar Kuyung Kutlr, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Direktur UKW PWI Pusat Dr Firdaus Komar SPd MSi, mengungkapkan bahwa untuk melihat komitmen seorang jurnalis itu dari hasil karya jurnalistiknya. “Jadi bukan dari sertifikat atau kartu UKW, makanya dalam hal penulisan berita itu harus benar-benar sesuai standar jurnalistik. Kalau tulisannya masih kacau bahasa Indonesianya atau melanggar kode etik, berarti sertifikat UKW yang didapat diragukan,” kata Firko sapaan akrabnya.

Pembukaan UKW angkatan ke-45 dan 46 itu juga dihadiri Kadis Kominfo Provinsi Sumsel, Rika Efianti SE MM yang diwakili oleh Kabid Pengelolaan Informasi Publik (PIP) Amrullah, Kasi Humas Polrestabes Palembang Kompol Evial Kalza, Kepala Seksi Kurikulum dan Peserta Didik Bidang PKLK Dr Kencana Sari MPd, serta Kasi Bidang Guru dan tenaga kerja Kota Palembang, Drs Maju Simanjuntak.

Laporan : Sony
Posting : Imam Gazali