Sebagai Kontrol Sosial Menghadapi Pemilu 2024, Lembaga AMUNISI Gelar Musyawarah Besar

Securitynews.co.id, BANYUASIN— Lembaga Aliansi Masyarakat Untuk Institusi (AMUNISI) mengelar Musyawarah Besar (Mubes) ke-2 pada Kamis (25/5/2023) di Kafe Harvest.

Puluhan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta wartawan yang berhimpun di dalamnya berkumpul dalam kegiatan yang bertajuk diskusi, sekaligus silaturahmi melalui tema “Junjung Tinggi Demokrasi Demi Kemuslahatan Negeri”.

Ketua Amunisi Efriadi Efendi mengatakan, kegiatan rutin ini sudah menjadi agenda penting organisasi yang berdiri tahun 2019 lalu yang digagas oleh sebelas lembaga dan empat awak media. “Kami (Amunisi) tetap konsisten memberi kontribusi untuk pembangunan dan kemajuan Kabupaten Banyuasin yang lebih baik,” ujar Efri.

Aktivis muda asli Kabupaten Banyuasin ini juga menuturkan, kegiatan diskusi ini diharapkan dapat memberikan manfaat khususnya bagi seluruh lembaga yang hadir, setidaknya untuk bertukar pendapat berbagi informasi sehingga menjadi rekomendasi untuk pemerintah. “Hasil Mubes ke-2 ini kami tetap mendukung program-program yang di rancang oleh Pemkab Banyuasin hingga berakhirnya masa jabatan Bupati Askolani dan Wabup Slamet,” ungkapnya.

Kendati demikian ditegaskan Efri, Amunisi tetap menjadi bagian kontrol sosial jika ada penyimpangan dalam pengunaan anggaran di setiap lini menyangkut kerugian uang negara mengakibatkan kesengsaraan masyarakat. “Sudah menjadi komitmen kami dalam mengawal pemerintahan,” katanya.

Menghadapi Pemilu 2024, pihaknya bersama lembaga dan media siap mengawal pemilu agar tetap berjalan transparan, jujur, dan bersih. “Diharapkan nanti mereka yang terpilih baik menjadi anggota legislatif dan eksekutif berkualitas, sesuai dengan hati nurani rakyat,” ujarnya.

Laporan : WT
Editing : Imam Gazali