Sambungan Pipa Gas Bocor, Warga Muara Enim Pindah ke Gas 3 Kg

Securitynews.co.id, MUARA ENIM- Perusahaan gas alam yang mengalirkan dari pipa galian dari rumah pelanggan di Muara Enim mengalami gangguan sejak Minggu malam.

Pantauan media ini di lokasi, penyebabnya salah satu jaringan pipa gas alam bocor. Sehingga, 2.368 pelanggan tidak teraliri gas alam. “Ketahuannya Senin pagi, ketika mau masak ternyata kompor tidak mau hidup, aku pikir cuma rumahku ternyata tetangga juga sama,” ungkap salah seorang pelanggan gas alam, Nurul (49) warga Jl Permai, Kecamatan Muara Enim, Selasa (11/10/2022).

Menurut Nurul, dia baru sadar gas alam mati saat akan memasak. Kemudian ia mencari tahu ke para tetangga ternyata keluhannya sama.

Satu hari setelahnya, baru dia mengetahui penyebabnya melalui pesan WhatsApp yang memberitahukan bahwa kebocoran pipa distribusi sehingga aliran dihentikan sementara.

Akibat tidak mengalirnya gas alam tersebut terpaksa dirinya kembali ke gas 3 kg untuk keperluan rumah tangga. “Beruntung saat ini gas 3 kg tidak terlalu sulit didapat. Coba kalau langka tentu tidak ada alternatif lain dan akan sangat menganggu aktivitas masyarakat,” katanya.

Nena (37) warga Kelurahan Air Lintang, Kecamatan Muara Enim mengatakan, dia juga baru mengetahui jika gas alam tersebut mati ketika akan masak.

Awalnya Nena mengira tokennya habis, lalu dia mengisi tokennya. Namun setelah dibeli ternyata gas tidak kunjung keluar.

Kemudian ia mencoba menelpon teman-temannya yang juga menggunakan gas alam dan ternyata menyampaikan keluhan yang sama. “Kalau ada kerusakan secepatnya disosialisasikan sehingga masyarakat cepat mencari alternatif dan tidak bertanya-tanya,” katanya.

Operation and Maintanance Gas Alam Muara Enim, Revi Aerah mengatakan, jumlah total pelanggan aktif gas alam di Kabupaten Muara Enim sebanyak 7.309 sambungan.

Namun yang terkena dampak dari kebocoran pipa gas alam ini hanya pelanggan di Kecamatan Muara Enim khususnya Kelurahan Pasar I, Kelurahan Pasar II, Kelurahan Pasar III, dan Kelurahan Air Lintang yang totalnya sebanyak 2.368 pelanggan.

Dikatakan, kebocoran pipa gas alam itu diketahui setelah ada laporan masyarakat yang mencium bau gas di sekitar tempat tinggalnya.

Petugas kemudian langsung melakukan pemeriksaan dan menemukan ada kebocoran pipa dalam tanah dengan kedalamam sekitar 1,5 meter.

Pipa bocor itu di pinggir Jalan Lintas Sumatra, tepatnya di Jalan SMB II Muara Enim.

Disebutkan, guna menghindari hal yang tidak diinginkan, maka sesuai SOP jalur pipa ke pelanggan harus diputuskan selama petugas melakukan perbaikan yang diestimasi dari tanggal 9-11 Oktober 2022.

Namun, jika melihat kondisi di lapangan, lanjut Revi, dimana lokasi areal galian yang sempit dan berada di jalan lintas sehingga penggalian membutuhkan waktu.

Sebab khawatir tertimbun tanah karena kondisi tanah labil dan berair.

Ditambah pula saat ini musim hujan, maka akan semakin rawan terhadap longsor. Dan juga setelah hujan, air di lubang galian juga harus dikuras.

Dia berharap, cuaca lebih bersahabat sehingga perbaikan lebih cepat lebih bagus. “Pemberitahuan kami berikan kepada pelanggan, melalui grup serta perangkat RT yang dialiri gas alam ini. Untuk itu jika terlambat kami harap maklum,” pungkasnya.

Laporan : Awang
Editing : Imam Gazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 komentar

  1. hey there and thank you for your info – I’ve definitely picked up anything new from right
    here. I did however expertise several technical points using this web site,
    as I experienced to reload the website many times previous to I could get it to load properly.
    I had been wondering if your web host is OK? Not that I am
    complaining, but sluggish loading instances times will sometimes affect your placement
    in google and could damage your high-quality score if advertising and
    marketing with Adwords. Well I’m adding this RSS to my e-mail and could look out for a lot
    more of your respective interesting content. Ensure that you update this again very soon..
    Escape room lista

  2. Helpful information. Fortunate me I discovered your website accidentally,
    and I am shocked why this accident did not happened in advance!

    I bookmarked it.

  3. I would like to thank you for the efforts you have put in penning this blog. I’m hoping to view the same high-grade content by you in the future as well. In truth, your creative writing abilities has encouraged me to get my very own site now 😉

  4. A motivating discussion is worth comment. I think that you need to publish more on this issue, it might not be a taboo matter but generally people don’t speak about these topics. To the next! Cheers.