Masyarakat Sumsel Puas dengan Kinerja Dinas Pendidikan Sumsel

Securitynews,co.id, PALEMBANG- Forum Masyarakat Berdaya merelease riset kebijakan publik tentang Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pendidikan di Provinsi Sumatra Selatan di tahun 2022, selama 4 Tahun Kepemimpinan HD-MY.

Riset yang dilakukan pengambilan data dari Bulan Juli sampai September 2022 ini dilakukan dengan metode Random Sampling yang melibatkan 1200 responden di Sumatra Selatan.

Menurut Ki Edi Susilo Founder Forum Masyarakat Berdaya, dalam riset dihasilkan temuan bahwa 75,08 persen masyarakat puas dengan kinerja Dinas Pendidikan dalam meningkatkan Kualitas Pendidikan SMA/MA/SMK di Sumatra Selatan.

“Angka 75,08 persen itu didapat dari 66,09 persen masyarakat puas, dan 8,99 persen sangat puas, terhadap Kinerja Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Selatan. Sementara yang menyatakan tidak puas ada 13, 28 persen. Lalu yang menyatakan kurang puas ada 11,64 persen,” ujarnya, Selasa (11/10/2022).

Selanjutnya Elita Aidillah, S Sos., M.A peneliti dari Forum Masyarakat Berdaya Memaparkan lebih rinci tentang penilaian positif masyarakat pada kualitas pendidikan tingkat SMA/MA/SMK di 4 tahun pemerintahan HD MY ini di pengaruhi oleh beberapa faktor. “Soal pelayanan pendidikan selama masa pandemi juga mendapat respon positif dari masyarakat Sumatera Selatan, terutama terkait beasiswa dan pemberian bantuan subsidi terkait UKP/SPP “68,07 Persen Masyarakat merasa puas dengan program Pemerintahan tentang beasiswa dan subsidi Pendidikan. Dalam pengaruh positif itu juga muncul oleh karena khusus lulusan SMK (sekolah menengah kejuruan) di Sumatra Selatan bisa diterima dengan baik (di serap) dalam dunia kerja sebesar 65,07 persen. Dengan persentase kualitas lulusan SMK yang dianggap baik (mumpuni) sebesar 52,92 persen,” terang Elita.

Laporan : Sandy
Editing : Imam Gazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *