Saat Hari Raya, Sungai Penanggiran Muara Enim Telan Bocah 9 Tahun

Securitynews.co.id, MUARA ENIM— Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah merupakan hari kemenangan bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa. Namun, hari penuh kegembiraan ini memakan korban. Dimana seorang bocah bernama Bintang (9) warga Desa Penanggiran Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim hanyut terbawa arus sungai Lematang, Sabtu (22/4/2023) pada lebaran pertama sekitar pukul 12.30 Wib.

Informasi dihimpun bocah kelas 3 Sekolah Dasar di Desa Penaggiran tersebut, dikabarkan tenggelam di Sungai Lematang Dusun 1 Desa Penanggiran Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim saat bermain bersama teman-temanya di pinggiran sungai tersebut.

Menurut keterangan saksi yakni teman korban, korban lebih dulu pergi untuk mandi di sungai, kemudian tidak lama setelah itu mereka baru datang untuk menyusul. Namun, ketika sedang asik mandi, mereka melihat korban hanyut terbawa arus sungai lebih kurang 30 meter dari TKP korban mandi,”ungkap Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi didampingi Kapolsek Gunung Megang AKP Firmansyah melalui Babinkamtibmas desa Penanggiran Bripka Andriansyah, Sabtu (22/4/2023) pada media ini.

Lanjutnya, tidak lama setelah terbawa arus sungai korban tenggelam karena sudah kehabisan tenaga untuk berenang dan korban juga tidak sanggup meminta tolong karena sudah lemas dan mulut korban sudah kemasukan air. “Para saksi yakni teman korban tidak langsung meminta pertolongan karena masih berusaha untuk mencari keberadaan korban, setelah tidak berhasil menemukan korban, mereka langsung ke rumah korban untuk memberitahu kepada orang tuanya bahwa korban Bintang tenggelam saat mandi di Sungai Lematang,”bebernya.

Selanjutnya, dikatakan Andriansyah orang tua korban langsung menemui Pemerintah Desa Penanggiran guna meminta pertolongan. “Orang tua korban menghubungi Pemdes Penanggiran teekait peristiwa itu hingga Pemdes Penanggiran langsung menghubungi anggota Polsek Gunung Megang beserta anggota Koramil Gunung Megang dan kemudian berkoordinasi dengan BPBD Kab Muara Enim guna melakukan pencarian terhadap korban,”pungkasnya.

Sementara kepala BPBD Kabupaten Muara Enim Abdul Roziq membenarkan telah menerima laporan atas terjadi peristiwa tersebut. “Ya benar adanya peritiwa tersebut. Saat ini Tim Penyelamat telah meluncur ke TKP yang ada di Sungai Lematang Dusun 1 Desa Penanggiran guna melakukan pencarian,” tandasnya.

Laporan : Awang
Editing : Imam Gazali