Ratusan Polres Muba Kawal Unjuk Rasa ke Kantor Bawaslu dan KPUD Muba

Securitynews.co.id, SEKAYU- Untuk mengantisipasi jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan untuk menjaga kondusivitas penyelenggaraan pemilu 2023 – 2024, sebanyak 100 personel Polres Muba Senin (22/01/2024), turun langsung ke lapangan untuk mengawal dan menjaga keamanan kegiatan penyampaian pendapat di muka umum di Kantor Bawaslu dan KPUD Muba.Whatsapp Image 2024 01 22 At 17.54.27(1)

Sebagaimana diketahui pada pukul 09.00 Wib sekelompok masyarakat yang mengatasnamakan Masyarakat Muba Peduli yang berjumlah lebih kurang 120 orang mendatangi Kantor Sekretariat Bawaslu muba dengan maksud meminta Bawaslu untuk menindaklanjuti dugaan pelanggaran pemilu oleh oknum PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) Kecamatan Sekayu.

Usai diterima oleh Ketua Bawaslu Muba Beri Pirmansyah, massa bergerak menuju Kantor KPU Muba dengan tuntutan yang sama.

Kapolres Muba AKBP Imam Safii Sik MSi melalui Kabag Ops Polres Muba Kompol M. Ali Asri SH, selaku Kepala Perencanaan dan Pengendalian Operasi (Karendal Ops) Mantap Brata 2023-2024 saat dibincangi menjelaskan bahwa sudah menjadi kewajiban mereka untuk mengawal dan menjaga keamanan kegiatan unjuk rasa atau penyampaian pendapat dimuka umum. Karena hal tersebut sudah diatur , sesuai dengan apa yang diamanahkan dalam Undang-Undang Nomor 9 tahun 1998 tentang Kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum. ”Sebanyak 100 personel Polri kami turunkan untuk pengamanan tersebut, dan Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan tertib, aman dan terkendali, massa sudah memahami apa yang menjadi hak dan kewajibannya dalam pelaksanaan penyampaian pendapat tersebut,” jelasnya.

Laporan : Sony/Sony
Posting : Imam Gazali