oleh

Program Serasi, Tingkatkan Kesejahteraan Petani di Muba

Securitynews.co.id, MUBA – Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) merupakan salah satu program unggulan Menteri Pertanian yang tersebar di lima (5) provinsi di Indonesia, salah satunya Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) merupakan satu di antara kabupaten di Sumsel yang menjadi target program tersebut.

Menurut Ir A Thamrin, selaku Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Muba ketika dibincangi awak media di ruang kerjanya, Senin 30/12 mengatakan bahwasannya ada 9 kecamatan di Muba yang masuk dalam Program Serasi.

“Program Serasi itu, untuk sawah rawa, kecuali sawah tadah hujan. Dan dalam 15 kecamatan di Kabupaten Musi Banyuasin ini ada 9 kecamatan yang masuk Program Serasi. Di antaranya Sanga Desa, Babat Toman, Lawang Wetan, Sekayu, Lais, Babat Supat, Sungai Lilin, Bayung Lencir, dan Lalan,” ujarnya.

Selanjutnya ia menjelaskan, program serasi memiliki 4 paket bantuan. Di antaranya benih, kapur dolomit, herbisida, dan pupuk. Namun, karena keterbatasan stok di Tahun Anggaran 2019 Kabupaten Muba hanya bisa merealisasikan dolomit. Dan itu pun sulit direalisasikan di kecamatan selain Lalan, karena keterbatasan alat.

Melalui Program Serasi Thamrin berharap agar ke depannya dapat meningkatkan kesejahteraan hidup para petani di Kabupaten Musi Banyuasin.

“Salah satu tujuan Program Serasi ialah untuk meningkatkan Indeks Pertanaman (IP). Artinya agar dapat tanam dua kali, sehingga dapat meningkatkan hasil panen dalam setahun. Dan harapan kami dengan hasil panen tersebut dapat mengangkat perekonomian dan mensejahteraan para petani, khusus di Muba,” ungkapnya.

Laporan             : Sony
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed