Pastikan Stok Darah Cukup, Feby Deru Fokus Urus UDD

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sumsel Febrita Lustia Herman Deru mengatakan PMI Sumsel saat ini tengah berfokus pada Unit Donor Darah (UDD) yang lokasinya berada di belakang RS Siti Fatimah.

Hal ini diungkapkan wanita dengan sapaan akrab Feby Deru ketika menghadiri kegiatan donor darah Bank Indonesia (BI) dan perbankan, di gedung BI perwakilan Sumsel, Selasa (19/11) pagi.

“Saat ini PMI Sumsel fokus mengurus perbaikan gedung UDD. Hal ini penting mengingat kebutuhan darah kadang kala tidak dapat dipenuhi seketika, terutama saat ada kecelakaan atau bencana. Stok darah yang dibutuhkan tidak tersedia,” jelas Feby.

Menurutnya seringkali terjadi saat masyarakat membutuhkan darah, stok tidak ada. Untuk itu lah, melalui kegiatan donor darah yang diselenggarakan BI dapat menanggulangi kebutuhan darah di Palembang. Selain itu berbagai upaya juga terus dilakukan PMI Sumsel. “PMI juga bekerjasama dan berkoordinasi dengan Polda Sumsel untuk menyediakan layanan kebutuhan darah secara online. Kami pun telah menginstruksikan ke PMI kabupaten/kota untuk menyediakan UDD, juga menyediakan kartu golongan darah gratis terutama bagi balita,” tegasnya.

Dilanjutkan Feby, kartu golongan darah diberikan bertujuan untuk mengetahui golongan darah masing-masing orang. Hal ini disebabkan masih dijumpai di lapangan, masyarakat belum mengetahui golongan darahnya sendiri.

Kepada Bank Indonesia yang telah menyelenggarakan kegiatan donor darah, Feby Deru menyampaikan apresiasinya dan berharap agar BI membantu sosialisasi agar masyarakat memiliki keinginan dan berperan aktif mendonorkan darahnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Yunita Resmi Sari mengatakan kegiatan donor darah tersebut merupakan kegiatan rutin per triwulan yang sebagian besar pesertanya adalah pegawai internal BI. “Kegiatan kali ini terasa istimewa dengan kehadiran Ketua PMI Sumsel bu Feby. Donor darah ini diikuti oleh 100 orang pegawai internal BI, namun kali ini kita targetkan ada 200 orang, tidak hanya dari BI saja, juga dari perbankan,” ujarnya.

Ke depan BI akan meluaskan cakupan kegiatan donor darah rutin ini dengan mengikutsertakan pihak perbankan lainnya. Yunita Resmi Sari menambahkan perbankan dan BI akan selalu mendukung kegiatan PMI baik kota maupun provinsi.

“Kegiatan donor darah ini sumbangan kecil kepada PMI dan bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat di Sumsel,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu juga Feby Deru didampingi Yunita Resmi Sari menyerahkan perhargaaan kepada dua orang pendonor aktif, Soeratiman yang telah 55 kali mendonorkan darah dan Muhammad Teguh yang sudah berpartisipasi sebanyak 49 kali.

Laporan             : Akip

Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *