Mentan SYL Bakal Jadikan Sumsel Lumbung Bibit Sapi Unggul

Securitynews.co.id, PALEMBANG – Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai lumbung ternak dan daging akan segera terwujud setelah Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyatakan untuk Sumatera pembenihan/bibit sapi unggul akan difokuskan di Provinsi Sumsel.

Hal itu dikatakan setelah Mentan RI SYL bersama Gubernur Sumsel Herman Deru dan Anggota DPR RI, Percha Leanpuri beserta pejabat terkait meninjau Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Sembawa (BPTUHPT) Sembawa di BPTUHPT Jalan Peternakan, Lalang Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin, Senin (23/12/19).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo setelah melihat pembibitan dengan luas lahan sebesar 268 Hektar, dia menilai lokasi pembibitan ini sudah maju bahkan dia ingin lebih ditingkatkan lagi agar hasil bibit ini bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Ini sebuah keberhasilan tapi jujur saya belum puas ke depan saya mau datang lagi ke sini. Tapi kondisinya harus lebih dari yang ada sekarang,” katanya.

Atas keberhasilan itu, dia menyarankan di Sumsel agar menjadi sumber benih/bibit sapi yang akan disebarkan di Pulau Sumatera.

“Kita konsen dulu di sini. Jadi untuk di Pulau Sumatera kita fokus di Sumsel,” ungkapnya.

Menteri Pertanian menginginkan ternak sapi yang ada di Banyuasin akan lebih banyak berkembang biak dari apa yang ada sekarang.

“Jujur saya senang sekali melihat pembibitan di sini bahkan kita akan tingkatkan,” tambahnya.

Dia meminta di lokasi ini bukan hanya pembibitan akan tetapi juga dapat dijadikan pusat pembelajaran beternak sapi.

“Saya kira disni bukan hanya sapi yang harus dikembangkan akan tetapi pembelajaran dan berternak sapi juga menjadi penting dilakukan,” tutupnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengaku bangga atas kehadiran Menteri Pertanian yang dapat hadir dan meninjau secara langsung lokasi pembibitan sapi. Terlebih Mentan akan menjadikan Sumsel sebagi lumbung ternak dan daging di pulau Sumatera.

“Kita harus membuat gerakan baru mengajak masyarakat untuk percaya bahwa ternak ini adalah salah satu cara untuk menambah nafkah dan penghasilan setiap keluarga,” ucapnya.

Di samping itu, Gubernur Herman Deru meminta kepada Menteri Pertanian terkait soal penyuluh agar dapat disebar ke Sumsel dengan keahlian khusus.

“Orang penyuluh yang lama-lama sudah pada pensiun. Jadi kalau pak Menteri punya 50 ribu penyuluh di Kementerian untuk dapat di bagi ke Sumsel terutama bagi penyuluh yang di lapangan dengan keahlian khusus,” katanya.

Mengakhiri sambutannya, Gubernur Herman Deru mengucapkan tetima kasih atas perhatian Menteri terhadap Sumsel.

“Kita harus bangga karena Pak Menteri sudah memperhatikan hal ini, bukan hanya di administrasi dan teori tapi lebih ke praktik di lapangan,” tutup Herman Deru.

Laporan             : Akip
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *