Menjelang Pemilu 2024, Plt Bupati Muara Enim Pimpin Apel Serentak Kasat Keamanan Polisi RW

Securitynews.co.id, MUARA ENIM- Guna menjaga keamanan dan kondisi kondusif menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah memimpin Apel Serentak Ketua Satuan (Kasat) Keamanan Lingkungan (Kamling) se-Sumatra Selatan, sekaligus Peluncuran Apel Besar Polisi RW, di Lapangan Merdeka, Muara Enim, Rabu (21/6/2023).

Plt Bupati dalam arahannya, saat membacakan amanat Kapolri mengatakan satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu Serentak 2024.

Terkait itu dirinya berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama. “Mari kita dukung penyelenggaraan pesta demokrasi dengan mengutamakan sikap preventatif dan juga humanis, karena keberhasilan ini akan menjadi lompatan besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan dalam menyongsong Visi Indonesia Emas yang kita cita-citakan bersama,” ajak Plt Bupati Kaffah.

Sementara itu, saat dimintai keterangan oleh awak media Kapolres Muara Enim Andi Supiriadi menerangkan bahwa Polisi RW ini sendiri merupakan bagian dari pembinaan Kamtibmas dengan mitra kerjanya yakni ketua RT, Kepala Dusun/Kades serta masyarakat setempat. Sehingga upaya-upaya penanganan masalah yang tidak perlu dibawa kepada penegak hukum dapat diselesaikan dengan kekeluargaan di tingkat RW. “Mengingat keterbatasan personel kepolisian yang ada di Polres Muara Enim, Polisi RW ini sendiri kita fokuskan di tempat yang padat penduduk seperti Kecamatan Muara Enim dan Lawang Kidul, dengan total 305 personel dan 932 RW atau dusun yang ada di Kabupaten Muara Enim tentunya juga dengan dukungan TNI,” ungkap Kapolres Muara Enim.

Tampak hadir dalam giat apel pagi itu, unsur Forkopimda Kabupaten Muara Enim, jajaran Polres Muara Enim, para Tamu Undangan serta para Peserta Apel yang berasal dari Polri, TNI, Ketua RW, dan Hansip.

Laporan : Edwar
Editing : Imam Gazali