Marak Pencurian Sawit, Babinsa Jaga Ketat Perlintasan Titik Rawan

Securitynews.co.id, MUARA ENIM- Akibat maraknya pencurian buah sawit saat ini di Desa Harapan Jaya dan Saka Jaya Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatra Selatan, maka Kopda Iwan Saputra selaku Babinsa setempat menjaga ketat daerah perlintasan yang rawan pencurian, Selasa (21/03/2023).

”Saya selaku Babinsa di sini ikut serta bertanggung jawab dengan keamanan desa, baik masyarakat, maupun kebun di sekitar wilayah kawasan tugas saya. Dan saya berpesan kepada masyarakat, mari kita jaga kawasan ini agar tidak ada lagi pencurian di kebun sawit. Jangan kita biarkan pencuri sawit leluasa bergerak di kebun, apalagi ini memasuki bulan suci Ramadhan,” ujarnya usai melakukan patroli didampingi rekannya Babinkamtibmas Aipda Zulkipli dan Babinsa Desa Saka Jaya Sertu Joni Junianto.

Sementara itu, Ali Rahman selaku Ketua Komunitas Penjaga Kebun mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai respon dari keresahan masyarakat di dua yakni Desa Saka Jaya dan Desa Muara Harapan. “Kita berharap, kegiatan patroli semacam ini dapat meminimalisir pencurian sawit dan memberinya efek jera agar tidak ada lagi pencurian buah sawit milik warga saat ini,” terangnya.

Lebih lajut, Aipda Zulkifli selaku Babinkamtibmas Desa Saka Jaya mengatakan, maraknya aksi pencurian ini tidak bisa diatasi, jika warganya tidak kompak. ”Warga harus kompak agar pencurian sawit tidak pernah lagi terjadi di desa kita ini. Dengan kekompakan warga, mari kita ciptakan kenyamanan dan ketentraman khususnya di wilayah Desa Saka Jaya dan Harapan Jaya,” terangnya.

Senada disampaikan Sertu Junianto selaku Babinsa Saka Jaya mengatakan, maraknya pencurian dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab ini pasti orang luar desa dan orang baru berstatus kependudukannya tidak jelas dan tinggal menumpang di rumah warga serta usahanya serabutan. “Kita meminta kiranya pihak pemerintah desa segera menertibkan warga pendatang baru yang statusnya tidak jelas,” pungkasnya.

Laporan : Awang
Posting : Imam Gazali