LPPTKA dan BKPRMI Kota Palembang Gelar Syukuran dan Khataman Wisuda Santri TK/TPA Angkatan XIX dan Wisuda Tahfidz Jus 30 Angkatan II

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Lembaga Pembinaan dan Perkembangan Taman Kanak-Kanak Al-Quran (LPPTKA) dan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Palembang menggelar syukuran dan khataman wisuda santri TK/TPA angkatan XIX dan wisuda Tahfidz Jus 30 angkatan II. Kegiatan ini digelar di Gedung Academic Center Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Rabu (8/11/2023).Whatsapp Image 2023 11 08 At 05.17.49

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) BKPRMI Sumsel Firdaus, S.H, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) BKPRMI Kota Palembang HM Ifan Fahriansyah, M.Kes, Dirda LPPTKA BKPRMI Kota Palembang Handi Saputra, M.PD.I, dan undangan lainnya. Adapun tema yang diambil di dalam kegiatan kali ini “Menyiapkan Generasi Al-Qurani Menyongsong Masa Depan Gemilang”.

Staf Ahli Gubernur Sumsel Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Provinsi Sumsel Nelson Firdaus mengatakan, hari ini pihaknya menghadiri kegiatan Syukuran Khataman dan Wisuda Santri TK/TPA Angkatan XIX dan Wisuda Tahfidz Jus 30 Angkatan II LPPTKA BKPRMI Kota Palembang yang mewakili daripada Penjabat Gubernur Sumsel Dr Drs A Fathoni, M.Si.

Ia juga mengatakan, LPPTKA dan BKPRMI adalah salah satu lembaga dakwah dan pendidikan Islam yang membina dan mengembangkan pendidikan Al-Quran. Mewujudkan generasi Qur’ani sebagai tujuan utama , menjadikan Al-Quran bacaan utama dan menjadi pedoman hidupnya.

“LPPTKA BKPRMI sudah berperan aktif mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di Sumsel, Pemerintah Provinsi Sumsel sangat menyadari pentingnya peran pendidikan khususnya pendidikan agama dalam menciptakan SDM berkualitas,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Pj Gubernur Sumsel sangat mengapresiasi dan mendukung peran LPPKA dan BKPRMI dalam menciptakan generasi yang beriman, berkualitas, berakhlak mulia dan bertanggung jawab dalam tatanan masyarakat madani sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Provinsi Sumsel untuk mewujudkan Sumsel sejahtera, unggul, dan terdepan.

Pembangunan suatu bangsa termasuk di Provinsi Sumsel sangat ditentukan oleh Sumber Daya Manusia yang unggul, wisudawan dan wisudawati telah mengembangkan potensi diri dan mengasah kemampuan selama mengenyam pendidikan untuk menjadi unggul. “Dan Untuk itu saya ucapkan selamat dan sukses kepada peserta wisuda yang dikukuhkan hari ini. Saya menyampaikan terima kasih dan selamat kepada Kepala dan Staf pengajar LPPTKA BKPRMI atas terselenggaranya Syukuran Khataman dan Wisuda ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPD BKPRMI Kota Palembang H. M. Ifan Fahriansyah, M.Kes menjelaskan, hari ini pihaknya melaksanakan wisuda, dan hari ini ada 559 anak yang diwisuda TK dan TP Al Qur’an. Tunanetra ada 7 yang hafidz, untuk santri terbaik ada 15 santri, jadi ada puluhan anak yang diberi penghargaan,” jelasnya.

Ifan juga menambahkan, pesan kita hari ini, kita sangat apresiasi atas semangat mereka. Setelah wisuda ini bukan berhenti mengaji, terus belajar sampai sepanjang hayat. Setelah ini mereka bisa ikut STQ. Dan jadi remaja masjid. ”Kami menjalankan BKPRMI Kota Palembang ini di tengah sekolah yang sudah mulai boarding dan semi boarding. Tantangan hari ini yang paling berat adalah kami harus berhadapan dengan gadget dan game-game lainnya. Di mana samping kiri kita juga ada Santri Tunanetra, anak-anak kita walaupun Tunanetra mereka bisa hafal Quran, itu jadi motivasi santri lainnya,” tuturnya.

Ifan mengungkapkan, di sini hadir Ustadz dan Ustadzah yang selama ini tulus dan ikhlas membimbing anak-anak. “Kami titip penuh mudah-mudahan mereka menjadi Ahlul Quran, serta izinkan kami berharap juga mendapatkan pahala jariyah dari anak-anak ini, dan mereka inilah yang Insya Allah menjadi generasi-generasi penerus bagi bangsa dan negara ini,” ucapnya.

Tambahnya lagi, pihaknya mendoakan semoga yang hadir di dalam ini, anak-anak ini kelak mengisi sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Hari ini kita krisis moral, hari ini kita krisis iman, mudah-mudahan walaupun sedikit yang dibisa diberikan oleh BKPRMI kota Palembang ini bisa bermanfaat. ”Dan tentunya dengan bahu-membahu, bersama-sama bergandengan tangan, ada donatur, ada unsur pemerintahan, ada unsur praktisi, dan pelaksana yang menjadi ujung tombak, Insya Allah kita menghasilkan dan mewujudkan generasi Qurani di masa yang akan datang,” tuturnya.

Laporan : Sandy
Posting : Imam Gazali