oleh

Laznas LMI Ajak Para Takmir Sinergi Makmurkan Masjid

Securitynews.co.id, PALEMBANG – Puluhan pengurus masjid berkumpul di Masjid Al Saleh, Gandus, Palembang untuk bersinergi memakmurkan Masjid melalui Pelatihan Manajemen Masjid. Acara ini diinisiasi oleh Laznas LMI dan DKM Al Saleh sebagai bentuk komitmen mengembalikan fungsi masjid sebagaimana di masa Rasulullah SAW.

Mayoritas masjid-masjid di sekitar kita saat ini hanya digunakan sebagai ibadah. Sehari-hari, pintu tempat yang relatif sepi di luar jadwal shalat ini dikunci. Setiap satu tahun sekali, saat Ramadhan masjid-masjid ini akan menerima zakat fitrah dari para jamaah dan menyalurkannya untuk mustahik. Seolah fungsi masjid hanya sebatas untuk shalat berjamaah yang terbatas saat azan dikumandangkan dan tempat membayar zakat fitrah saja.

Sementara pada masa Rasulullah, masjid memiliki fungsi yang kompleks. Fungsi-fungsi tersebut di antaranya menjadi pelayan untuk kesejahteraan umat, terutama yang berada di sekitar masjid. “Jika saat itu jumlah masjid sangat jarang, bukankah seharusnya di zaman sekarang ketika masjid jumlahnya banyak, maka banyak juga kemanfaatan yang berpusat dari masjid-masjid kita,” ujar Agung Wijayato selalu Direktur Utama Laznas LMI.

Kegiatan ini menghadirkan Ketua DKM Masjid Jogokariyan, Ustadz Muhammad Jazir yang bertujuan memberi pembekalan kepada Takmir Masjid tentang konsep pengelolaan masjid. Bukan itu saja, tetapi pengurus masjid juga hendaknya menghadirkan diri untuk menjadi pendamping dalam memakmurkan masjid dan masyarakat sekitar masjid.

Dia menuturkan, Masjid harusnya buka 24 jam. Sehingga masyarakat tidak anti ke masjid. Selain itu, masyarakat sekitar masjid merasakan manfaat secara berkelanjutan (pendidikan, ekonomi, dan sosial). “Masjid mandiri membiayai kebutuhan jemaah bisa membiayai kebutuhan selama beribadah. Jika Anda ingin tergabung dalam program sinergi masjid Laznas LMI. Silakan menghubungi kantor layanan Sumatera Selatan di nomor 0811 7808018 atau datang langsung ke alamat Jl. Musi VI Blok M40B Komplek Pakjo Siring Agung Palembang Sumatera Selatan,” pungkasnya.

Laporan             : Akip
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed