Lapas Sidoarjo Jadi Tuan Rumah Penandatanganan Kerjasama Antara 4 UPT Pemasyarakatan Korwil Surabaya dengan Dukcapil Sidoarjo

Securitynews.co.id, SIDOARJO– Senin (13/03/2023) bertempat di ruang aula atas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sidoarjo, 4 UPT Pemasyarakatan Korwil Surabaya yaitu Lapas Kelas IIA Sidoarjo, Lapas Kelas I Surabaya, Rutan Kelas I Surabaya dan Rutan Perempuan Kelas IIA Surabaya menggelar acara penandatangan Kerjasama Dengan Dukcapil Sidoarjo. Acara ini dimulai pada pukul 09.30 yang mana dihadiri secara langsung oleh tiap pimpinan dari 4 UPT pemasyarakatan di Korwil Surabaya itu sendiri termasuk bapak Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Sidoarjo yaitu Reddy Kusuma.

Acara ceremonial ini diisi langsung dengan kegiatan penandatanganan kerjasama yang dilakukan secara bergantian oleh tiap-tiap pimpinan yang hadir. Adapun Kepala Dukcapil Sidoarjo sempat menyampaikan satu dua patah kata setelah proses penandatanganan ini selesai. Pertama-tama beliau berterima kasih atas kehadiran para pimpinan 4 UPT pemasyarakatan di wilayah Surabaya ini, beliau pun memuji respon positif dan sambutan hangat akan kerjasama ini. Karena itulah Reddy Kusuma berharap dengan sambutan kerja sama yang positif ini kegiatan pemutakhiran data NIK untuk warga binaan di masing-masing UPT Pemasyarakatan nanti juga lancar dan bisa selesai sesuai dengan target yang diinginkan. Perlu diketahui disini bahwa penandatangan kerjasama ini adalah dalam rangka pengecekan KTP Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berada di lingkup Surabaya Raya. Pemutakhiran data ini dilakukan dalam rangka persiapan hak demokrasi pemilu tahun 2024.

Warga binaan didata apakah mereka sudah pernah melakukan perekaman KTP elektronik atau belum. Jika belum mereka bakal dibimbing untuk melaksanakan kegiatan perekaman KTP elektronik ini secara langsung. Itulah tujuan utama dari kerjasama ini, para warga binaan bisa membuat KTP elektronik memanfaatkan layanan jemput bola perekaman KTP elektronik Dukcapil Sidoarjo, pihak Dukcapil akan melakukan perekaman secara langsung di 4 UPT Pemasyarakatan ini. Bapak Faozul Ansori selaku Kalapas Sidoarjo sempat menyampaikan juga bahwa dirinya berterima kasih atas kerja sama yang positif ini, “dengan begini secara tidak langsung jauh-jauh hari kita sudah mempersiapkan diri untuk membantu menyukseskan perhelatan Pemilu di 2024 mendatang, mari dukung terus perhelatan Pemilu tahun depan tanpa melupakan status kita sebagai ASN yang harus tetap netral,” pungkasnya.

Laporan : Redho
Editing : Imam Gazali