Komitmen Berantas Halinar, Lapas Sidoarjo Gelar Penggeledahan Insidentil

Securitynews.co.id, SIDOARJO- Lapas Sidoarjo meneguhkan komitmennya dalam pemberantasan handphone, pungli, dan narkoba (halinar). Salah satunya dengan menggelar penggeledahan kamar hunian malam ini (15/ 2). “Penggeledahan ini rutin, kami laksanakan minimal 4 kali dalam sebulan,” ujar Kalapas Sidoarjo Faozul Ansori.

Namun, pada agenda kali ini pihak Lapas Sidoarjo melibatkan personil dari kepolisian, BNN, Media Massa dan TNI. Sehingga bisa menjadi penyeimbang dan perwakilan dari masyarakat. “Kami menggandeng stakeholder terkait untuk memastikan bahwa Lapas Sidoarjo bebas dari peredaran benda terlarang,” tegasnya.

Petugas gabungan itu menggeledah total tiga blok. Yaitu blok A, B, dan W.

Selain itu, lapas yang terletak di jantung Kota Sidoarjo itu juga menggelar tes urine secara acak. Tujuannya untuk memastikan warga binaan maupun petugas tidak melakukan penyalahgunaan narkotika. “Tadi petugas BNNK Sidoarjo yang memilih secara acak petugas maupun warga binaan, hasilnya 25 orang yang dites semuanya negatif,” ungkap Faozul.

Ke depan, Faozul berharap terus tercipta sinergitas dengan stakeholder terkait. Tidak hanya di bidang keamanan dan ketertiban. “Dengan 1.104 penghuni, kami berupaya menekan dampak dari overkapasitas yang ada, sehingga keamanan dan ketertiban serta pembinaan bisa tetap berjalan dengan baik,” harapnya.

Laporan : Redho/Kumhamjatim
Editing : Imam Gazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *