Kemendes PDTT Gelar Bimtek Desa Inklusif dan Akuntabilitas Sosial di Desa Tanjung Laut

Securitynews.co.id, BANYUASIN- Kementrian Desa Pengembangan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melaksanakan bimbingan Teknis Pengembangan Desa Inklusif dan Sistem Akuntabilitas Sosial di Desa Tanjung Laut Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa(DPMD) dan Pendamping Lokal Desa yang telah mendapat kan pelatihan dalam penyampaian uraian materi.

Acara yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Tanjung Laut Jumat (05/07/24) tersebut dibuka oleh perwakilan dari Dinas PMD Kabupaten Banyuasin. Hadir juga Kepala Desa Tanjung Laut Syamsul Bahri, Kasi Evaluasi Perkembangan Desa Dinas PMD. Kegiatan bimtek ini akan berlangsung selama dua hari tanggal 5 sampai dengan 6 Juli 2024.

Dalam sambutan yang sekaligus membuka acara perwakilan Dinas PMD menjelaskan sangat mengapresiasi terhadap 4 desa di antara 288 desa se-Kabupaten Banyuasin yang berkesempatan terpilih dalam sosialisasi pengembangan Desa Insklusif ini. “Saya turut berbangga karena Desa Tanjung Laut terpilih untuk melakukan pengembangan desa inklusif, semoga ke depannya dapat memberikan contoh bagi desa lainnya,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Desa Tanjung Laut Samsul Bahri menjelaskan, Pemerintah Desa Tanjung Laut menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan ini dan berharap para peserta dapat mengikuti bimtek dengan baik agar betul betul bisa memahami apa yang dimaksud desa inklusif. “Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat lebih berpartisipasi dalam pembangunan desa sehingga sehingga tahu permasalahan dan kondisi apa saja yang sedang dihadapi pemerintah desa dalam mengambil kebijakan demi kepentingan masyarakat dan diharapkan mampu mewakili seluruh kebutuhan lapisan masyarakat desa,” jelasnya.

Selain itu kegiatan bimtek Pengembangan Desa Inklusif ini juga dihadiri oleh Staf Kemendes PDTT yang turut memberikan penjelsan tentang manfaat pengembangan Desa Insklusif tersebut. Karena peserta yang terlibat adalah terdiri dar perangkat Desa BPD, tokoh masyarakat, guru dan latar belakang lain yang sangat berdampak pengaruhnya bagi pengetahuan masyarakat.

Peserta Bimtek mengikuti kegiatan demi kegiatan dengan penuh semangat sambil mengikuti materi yang disampaikan oleh Febriansyah ST selaku narasumber dan pendamping desa.

Laporan : WT
Posting : Imam Gazali